Hagia Sophia

15 February 2023

Demi Berikan Imunisasi Polio ke Anak-anak, Nakes Pakistan Ini Rela Terjang Badai Salju

Ilustrasi imunisasi. (Foto: iStock)

Tenaga kesehatan memang menjadi garda terdepan dalam nasib kesehatan masyarakat suatu negara. Salah satu contohnya seperti aksi heroik yang dilakukan oleh tenaga kesehatan di Pakistan. Melalui video yang diunggah oleh akun Instagram UNICEF, terlihat dua orang tenaga kesehatan di Pakistan berjalan menerjang badai salju sampai tertatih-tatih.

Bukan tanpa alasan, dua nakes tersebut berupaya memberikan vaksinasi polio kepada anak-anak di Pakistan. Vaksin ini diberikan untuk melindungi seumur hidup seorang anak pada paparan virus polio.

"Luangkan beberapa detik untuk melihat bagaimana petugas kesehatan di Pakistan berusaha keras untuk melindungi anak-anak dari polio," tutur UNICEF dikutip dari laman Instagramnya, Selasa (14/2/2023).


Kedua nakes tersebut juga mengunjungi rumah-rumah warga untuk memberikan vaksin polio untuk anak-anak. Tak ayal banyak netizen yang langsung memberikan apresiasi terhadap aksi heroik dua nakes tersebut.

"Petugas kesehatan di Pakistan melakukan apa yang diperlukan, untuk melindungi setiap anak dari ancaman penyakit polio," imbuh UNICEF.

"Terima kasih atas apa yang kalian lakukan, kalian adalah sosok pahlawan yang dibutuhkan dunia," sambungnya lagi.

Sebagaimana diketahui, Pakistan merupakan salah satu dari tiga negara endemik polio yang tersisa di dunia, bersama dengan Afghanistan dan Nigeria. Namun, sejak peluncuran Program Pemberantasan Polio Pakistan pada tahun 1994, terjadi penurunan besar-besaran kasus polio di Pakistan, yakni dari sekitar 20.000 setiap tahun pada awal 1990-an menjadi hanya delapan kasus pada tahun 2018.

Selama virus ini terus beredar di Pakistan, tidak ada anak di Pakistan yang benar-benar aman dari tertular virus polio. Inilah sebabnya mengapa semua orang Pakistan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua anak yang rentan di bawah usia lima tahun untuk mendapatkan vaksinasi.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Aksi Heroik Nakes di Pakistan, Terjang Badai Salju demi Imunisasi Polio"