Hagia Sophia

15 February 2023

Anak Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo Dirawat di RS Karena Serangan Asma

Foto: Instagram @zaskiadyamecca

Anak ketiga Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo, Bhai Kaba dilarikan ke rumah sakit karena serangan asma kemarin sore, Selasa (14/2/2023). Kabar ini disampaikan oleh Hanung melalui unggahan di Instagram pribadinya.

Dalam keterangan foto tersebut, Hanung mengabarkan bahwa saturasi oksigen sang anak turun hingga 85-86. Kondisi tersebut membuat Hanung dan Zaskia sangat khawatir dan langsung membawanya ke rumah sakit.

Setelah diperiksa, dokter mendiagnosis Bhai Kaba mengidap bronkitis. Anak ketiga Zaskia Adya Mecca itu langsung dipindahkan ke ruang ICU agar mudah dimonitor oleh dokter.

"Jantung ini rasanya koprol akut. Kalau kita panik, anak juga panik. Saturasi makin menukik. Susah banget bikin hati santai. Sampai saya improve nyanyi buat nenangin Kaba. Eh, malah doi makin mengi," ujar Hanung Bramantyo dalam unggahannya.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, bronkitis adalah iritasi atau peradangan di dinding saluran bronkus, yaitu pipa yang menyalurkan udara dari tenggorokan ke paru-paru. Kondisi ini bisa terjadi dalam hitungan hari, minggu, bahkan bulan.

Bronkitis muncul karena terjadi peradangan pada bronkus, mengakibatkan terjadinya penyempitan pada saluran napas dan penuh akan lendir. Dahak atau lendir ini menumpuk sebagai bentuk respons dari imunitas tubuh saat menangkap zat infeksi maupun non-infeksi yang menyebabkan bronkitis.

Lama-kelamaan, lendir yang menumpuk pada bronkus akan menutup dan menyumbat saluran pernapasan. Hal ini akan memicu munculnya sesak napas dan batuk sebagai respons tubuh pengidap untuk membantu mengeluarkan lendir.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Anak Zaskia Mecca Dirawat di ICU Akibat Bronkitis, Saturasi Drop ke 85"