Hagia Sophia

02 March 2023

Ini Predator Darat Terbesar di Bumi, Tingginya Hingga 3 Meter

Predator Darat Terbesar di Bumi Tingginya 3 Meter. Foto: CNN

Siapakah predator darat terbesar di Bumi? Menurut Polar Bears International (PBI), tidak ada yang bisa menandingi kehebatan beruang kutub.

Ya, hewan yang secara perawakan mungkin terlihat lucu dan gemas, nyatanya adalah predator darat terbesar di muka Bumi. Binatang nomaden ini memiliki jangkauan terbesar dari semua hewan yang hidup di darat dan ditandai sebagai karnivora terestrial terbesar di dunia oleh Guinness World Records.

Mencapai ketinggian hingga sekitar 3 meter (saat berdiri dengan kaki belakangnya), beruang kutub tidak hanya besar tetapi juga sangat cerdas.

Hewan dengan nama ilmiah Ursus Maritimus ini, termasuk spesies circumpolar dan mamalia terbesar dalam marga keluarga biologi Ursidae. Beruang kutub disebut hewan yang besar karena selain tinggi, beratnya juga bisa mencapai 600 kilogram.

Dikutip dari IFL Science, mereka telah mengadaptasi cara berburu khusus untuk bertahan hidup, bahkan menggunakan alat untuk membunuh buruan mereka dengan melemparkan batu es ke target.

Selain kuku yang tajam dan kekuatannya yang super, mereka juga memiliki penciuman yang sangat tajam, lebih tajam dari anjing. Sedangkan pendengarannya, setidaknya sama dengan pendengaran manusia. Beruang kutub juga merupakan perenang yang sangat baik. Mereka mampu berenang sampai 10 km/jam. Bandingkan dengan manusia yang hanya mampu berenang sekitar 2-3 km/jam.

Beruang kutub dapat mengais paus yang mati. Makanan tersebut dapat membuat mereka bertahan hidup selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

"Beruang kutub tidak membutuhkan bantuan untuk mengeluarkan anjing laut misalnya. Tetapi sayangnya, es laut tempat mereka berburu menghilang, mendorong hewan-hewan ini semakin dekat ke kepunahan," ujar Dr John Whiteman, kepala ilmuwan riset di PBI dan asisten profesor biologi di Old Dominion University.

Seperti yang dijelaskan Whiteman, adaptasi mereka yang luar biasa terhadap lingkungan beku juga membuat mereka rentan saat menghadapi perubahan iklim.

Seiring waktu, populasi beruang kutub terus mengalami kepunahan. Hal ini disebabkan habitat hewan predator ini semakin terkikis akibat peningkatan suhu Bumi dan mencairnya es di kutub.























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Predator Darat Terbesar di Bumi Tingginya 3 Meter"