Hagia Sophia

02 March 2023

Ini yang Dilakukan Anissa Aziza Saat Anaknya Demam

Anissa Aziza beberkan manfaat 'kangaroo hug' untuk anak. Foto: Dinda Zahra Ghaisani Usdi

Sama halnya dengan ibu-ibu lain, Anissa Aziza juga merasakan kegundahan disaat anak rewel, terlebih ketika sang anak sakit.

Untuk mengatasinya, istri dari Raditya Dika ini melakukan cara khusus supaya rewel anaknya cepat reda. Selain mengikuti anjuran dokter, Annisa juga melakukan 'kangaroo hug' kepada anaknya. Ia percaya melakukan cara tersebut dapat disamakan dengan kompres secara natural.

"Aku lebih suka skin to skin sama anak aku karena aku percaya ketika anak sakit terus kita skin to skin itu bisa pindah ke aku," ungkapnya saat ditemui detikcom, Rabu, (3/1/2023).

Rewel sebenarnya adalah reaksi umum yang dimunculkan oleh anak dikala sakit. Kondisi seperti ini terjadi karena sang anak merasakan apa yang tidak ia mengerti atau membutuhkan perhatian ibu. Namun, anak rewel, terlebih ketika mereka sakit, seringkali justru membuat ibu menjadi semakin cemas, panik, dan gelisah.

Nyatanya, emosi berkecamuk yang dialami oleh ibu dapat menular ke anak. Ketika anak sakit dan ibu tidak bisa meregulasi emosinya, maka emosi tersebut akan diterima oleh anak. Anak pun akan menjadi semakin rewel. Hal ini disampaikan oleh psikolog anak, Samanta Elsener, Rabu (1/3/2023).

"Kalau kita ngomongin tentang emosi, ternyata saling nular. Ketika anak panas berikutnya kan ibukan jadi kepikiran tuh, emosinya jadi berkecamuk, macem-macem, cemas, gelisah, takut panik. Ternyata ketika ibunya kurang bisa regulasi emosi bisa nular ke anak dan bisa meningkatkan risiko anak demamnya ga turun-turun," ujarnya.

Ketika demam tak kunjung turun, maka rewel pun bisa jadi tak kunjung reda. Untuk mengatasi hal itu, Samanta membagikan tips mengurangi rewel pada anak saat sakit.

"Selain kasih obat penurun panas, aku pelukin kayak kangaroo hug gitu. Skin to skin gitu. Jadi aku tenang, dia tenang. Karena aku juga sambil breathing relaxation, jadi tarik nafas inhale exhale," ungkapnya.

Anissa juga menyebut detak jantung ibu yang dirasakan oleh anak akan membuatnya menjadi tenang.

"Terus diakan ngerasain detak jantung kita nih, orang tuanya, melambat. Jadi 'oh, orang tuanya tuh kalem yaa," lanjutnya.

Kangaroo hug atau kontak kulit ke kulit antara anak dengan orang tuanya sudah dibuktikan oleh penelitian menjadi hal yang efektif meredakan rewel.

"Yang dilakukan saat memeluk anak pun terus ada kontak skin to skin-nya yang sudah efektif secara penelitian bisa bantu anak ngerasa emosinya tenang lagi," tutupnya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Manfaat Kangaroo Hug, Jurus Anissa Aziza Tenangkan Anak saat Demam"