Hagia Sophia

02 March 2023

Liga Inggris: Lewat Van Dijk & Salah, Liverpool Kalahkan Wolverhampton 2-0

Liverpool menang 2-0 atas Wolverhampton Wanderers. (Foto: AP/Peter Byrne)

Liverpool memetik kemenangan 2-0 atas Wolverhampton Wanderers. Kemenangan itu didapatkan dari gol Virgil van Dijk dan Mohamed Salah.

Liverpool menjamu Wolverhampton di Anfield, Rabu (2/3/2023) dini hari WIB, dalam lanjutan Liga Inggris. Babak pertama berakhir tanpa gol meski tuan rumah lebih dominan.

Pasukan Juergen Klopp meningkatkan intensitas tekanan di babak kedua dan sempat bikin gol lewat Darwin Nunez. Namun gol ini dianulir.

Tapi tak terlalu lama berselang, tepatnya pada menit ke-73, Van Dijk membawa Liverpool benar-benar memimpin. Empat menit berselang giliran Salah menjebol gawang Wolves.

Kemenangan ini mengangkat Liverpool ke posisi enam klasemen Liga Inggris sementara dengan 39 poin. Wolverhampton tertahan di urutan 15 dengan 24 poin.

Jalannya Pertandingan

Tekanan awal dari Liverpool cuma menghasilkan peluang setengah. Mohamed Salah menekan di kanan lalu mengoper ke Stefan Bajcetic, yang mencoba menembak. Sepakannya tak sempurna dan ditangkap saja oleh Jose Sa.

Wolverhampton balas mengancam pada menit keempat. Sepakan Joao Moutinho ditip oleh Alisson Becker. Dari sepak pojok, peluang Pablo Sarabia berakhir melebar.

Liverpool terus berupaya mendesak Wolverhampton. Umpan silang Salah dari kanan coba diselesaikan dengan sontekan tumit oleh Diogo Jota, akan tetapi gagal total karena upayanya luput.

Liverpool kembali mencoba dari sepak pojok pada menit ke-35. Fabinho menyambar bola sapuan dari Jose Sa dan masih bisa diblok pertahanan Wolves.

Nyaris Liverpool unggul pada menit ke-40. Usai memenangi bola di wilayah Wolves, Liverpool menyerang dari kiri lewat kerja sama Jota-Nunez. Nunez mengirim umpan silang, lalu sundulan Harvey Elliott dari tengah kotak penalti melebar!

Peluang bagus diciptakan Liverpool di masa injury time. Umpan dini Trent Alexander-Arnold dipantulkan Nunez ke Elliott di depan kotak penalti. Sepakan keras Elliott ditepis saja. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Peluang buat Liverpool pada menit ke-55. Nunez merangsek dari kiri dan mengoper ke Elliott di tengah. Elliott menembak dengan kaki kanan, namun masih tepat ke arah kiper.

GOL! Liverpool mencetak gol pada menit ke-67, setelah Nunez menyambar bola liar setelah tusukan Jota dihentikan bek Wolves. Tapi VAR mengecek gol itu dan memanggil wasit, yang kemudian menganulirnya karena menganggap Jota melakukan pelanggaran.

GOL! Liverpool benar-benar mencetak gol pada menit ke-73. Dari tendangan bebas di sisi kiri, umpan lambung Alexander-Arnold disundul Van Dijk dan ditepis. Jota menguasai bola rebound dan mengirimnya ke mulut gawang, untuk disambar oleh Van Dijk jadi gol.

GOL! Liverpool menggandakan keunggulan pada menit ke-77 lewat serangan cepat di sisi kiri. Kostas Tsimikas menusuk dan melepaskan umpan silang, yang disambar Salah di depan gawang.

Wolverhampton mencoba bangkit di sisa waktu. Akan tetapi Liverpool tampil baik mengontrol ancaman lawan dan mengamankan skor.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold (James Milner 89'), Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Kostas Tsimikas; Harvey Elliott, Fabinho, Stefan Bajcetic (Jordan Henderson 79'); Mohamed Salah, Darwin Nunez (Roberto Firmino 89'), Diogo Jota

Wolverhampton: Jose Sa; Nelson Semedo, Max Kilman, Craig Dawson, Hugo Bueno (Rayan Ait Nouri 24'); Mario Lemina, Ruben Neves; Pablo Sarabia (Adama Traore 46'), Joao Moutinho (Daniel Podence 64'), Matheus Nunes (Joao Gomes 64'); Raul Jimenez (Diego Costa 79')























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Liverpool Vs Wolverhampton: Van Dijk & Salah Menangkan Si Merah"