Hagia Sophia

02 March 2023

Beberapa Tanda Kanker Paru yang Terlihat di Kulit

Ilustrasi paru-paru. Foto: Getty Images/iStockphoto/mi-viri

Paru-paru adalah salah satu organ vital yang krusial bagi keberlangsungan hidup manusia. Organ ini memegang peran besar dalam sistem pernapasan dan juga sistem peredaran darah dalam tubuh manusia.

Ketika paru-paru bermasalah, banyak orang lebih familiar dengan gejala-gejala yang timbul pada pernapasan, seperti batuk, sesak dada, dan napas pendek.

Namun, tak banyak orang menyadari bahwa tanda-tanda penyakit paru-paru juga dapat terlihat pada kulit. Sebab, tanda-tanda pada kulit memang seringkali baru timbul ketika paru-paru sudah dalam kondisi yang tergolong lebih parah.

Berikut adalah beberapa tanda pada kulit yang dapat menandakan adanya permasalahan pada kesehatan paru-paru, dikutip dari Very Well Health.

1. Kulit menguning

Ketika kanker paru-paru sudah menyebar ke organ lain, seperti pankreas atau hati, seringkali dapat menyebabkan penyakit kuning. Penyakit kuning adalah ketika kulit tubuh atau bagian putih pada mata berubah menjadi warna kuning. Kondisi ini disebabkan oleh meningkatnya kadar bilirubin dalam darah.

Bilirubin adalah zat berwarna kuning atau oranye yang terbentuk dari proses pemecahan sel darah merah. Jika kanker paru-paru sudah menyebar ke organ tubuh yang lain, akan berpotensi memicu produksi bilirubin yang melebihi batas normal.

2. Kulit gatal

Tanda lain yang banyak dialami adalah rasa gatal pada kulit. Ketika hati bermasalah, dapat meningkatkan garam empedu yang menimbulkan rasa gatal pada kulit.

3. Mudah memar

Kulit yang mudah memar adalah salah satu gejala yang paling umum. Jenis-jenis tumor tertentu dapat menyebabkan tubuh mensekresi terlalu banyak hormon adrenokortikotropik yang turut meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Tingginya kadar hormon tersebut dapat menyebabkan kulit mudah memar, guratan ungu pada kulit atau stretch mark, serta wajah yang memerah dan bengkak.

4. Perubahan pada produksi keringat

Tumor pancoast adalah jenis kanker paru-paru yang dapat memicu sindrom horner. Kondisi ini menyebabkan wajh memerah dan berkurangnya produksi keringat hanya pada setengah wajah saja.

5. Ruam ungu kemerahan

Ruam berwarna ungu kemerahan atau disebut juga ruam heliotrope adalah ruam yang berada di sekitar area mata dan disebabkan oleh dermatomiositis. Dermatomiositis adalah peradangan yang disertai dengan kelemahan otot dan ruam pada kulit.

Menurut para ahli, kondisi komplikasi dermatomiositis dengan kanker paru-paru non-sel kecil bukan suatu kondisi yang langka dan kanker paru-paru dapat berkembang dengan cepat.

6. Papula gottron

Tanda-tanda kanker paru-paru pada kulit lainnya adalah papula gottron atau benjolan berwarna merah tua atau bercak yang menonjol pada buku-buku jari, sendir jari tangan dan kaki, siku, pergelangan kaki, ataupun lutut. Kondisi ini juga dipicu oleh dermatomiositis.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Tanda Kanker Paru yang Terlihat di Kulit, Perokok Wajib Waspada"