Hagia Sophia

02 March 2023

Benarkah Virus Corona COVID-19 Berasal dari Lab di China?

Foto: AFP via Getty Images/HECTOR RETAMAL

Asal muasal virus Corona Covid-19 kembali hangat dibahas setelah beberapa pejabat Amerika Serikat angkat bicara. Direktur FBI, Christopher Wray, meyakini bahwa Covid-19 kemungkinan besar bocor dari laboratorium yang dikendalikan oleh Pemerintah China.

"FBI selama beberapa waktu sekarang menilai bahwa asal muasal pandemi kemungkinan besar adalah insiden laboratorium," katanya seperti dikutip detikINET dari BBC.

Ini adalah konfirmasi publik pertama dari penilaian rahasia FBI tentang bagaimana virus pandemi Corona bisa muncul. "China telah melakukan yang terbaik untuk menggagalkan dan mengaburkan upaya untuk mengidentifikasi sumber pandemi global. Dan itu sangat disayangkan," cetus Wray.

Seperti sebelumnya, China membantah ada kebocoran laboratorium di Wuhan, menyebut jika tuduhan itu fitnah. Laboratorium itu yang bernama Wuhan Institute of Virology, memang udah lama jadi sasaran kecurigaan.

"Pihak-pihak tertentu harus berhenti mengulangi narasi 'kebocoran lab', berhenti mencoreng China dan berhenti mempolitisasi masalah penelusuran asal-usul," kata juru bicara kementerian luar negeri Mao Ning.

Adapun komentar Direktur FBI itu dilontarkan beberapa saat setelah Duta Besar AS untuk China meminta China lebih jujur mengenai asal virus Corona. Akan tetapi sebenarnya, belum ada kesepakatan mutlak dari pihak AS mengenai awal pandemi Corona.

Doi pihak lain, Departemen energi AS telah menilai dengan 'keyakinan rendah' bahwa Covid bocor dari lab. Lalu, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan Presiden AS Joe Biden mendukung upaya menyeluruh untuk mengetahui bagaimana Covid dimulai.

Namun dia menambahkan bahwa AS masih belum punya konsensus jelas tentang apa yang terjadi. "Kami belum sampai di sana. Jika kami memiliki sesuatu yang siap untuk diinformasikan kepada rakyat Amerika dan Kongres, kami akan melakukannya," kata dia.
























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Bos FBI: Virus Corona Kemungkinan Bocor dari Lab China"