Hagia Sophia

02 March 2023

Liga Inggris: Arsenal Menang Atas Everton 4-0

Arsenal menang 4-0 atas Everton (Foto: Getty Images/Julian Finney)

Arsenal menang meyakinkan 4-0 saat menjamu Everton. Kemenangan ini membuat The Gunners kukuh di puncak klasemen Liga Inggris.

Arsenal menjamu Everton di Emirates Stadium pada laga lanjutan Liga Inggris, Kamis (2/3/2023). Tuan rumah sempat kesulitan menembus lini pertahanan Everton di babak pertama.

Pasukan Mikel Arteta akhirnya bisa membongkar lini pertahanan tim tamu menjelang turun minum. Mereka bikin dua gol lewat Bukayo Saka (menit ke-40) dan Gabriel Martinelli (45+1').

Arsenal tak mengendurkan serangan di babak kedua. Mereka bisa mendapatkan gol tambahan dari Martin Odegaard (71') dan gol kedua Martinelli (80').

Meriam London menutup laga dengan kemenangan 4-0. Hasil ini membuat Arsenal kukuh di puncak klasemen dengan 60 poin.

Mereka unggul lima angka dari Manchester City di posisi kedua. Sementara untuk Everton, mereka belum juga lepas dari jerat degradasi dengan berada di urutan ke-18 dengan baru meraih 21 angka.

Jalannya Pertandingan

Arsenal tampil dominan sejak menit awal. Jorginho mencoba mengancam di menit ke-4. Namun, sepakannya masih belum menemui sasaran.

Everton merespon di menit ke-7 dari tendangan jarak jauh Neal Maupay. Usahanya masih bisa diamankan Aaron Ramsdale.

Semenit berselang Maupay kembali punya kesempatan. Kali ini memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti. Ramsdale tapi sekali lagi bisa meredam peluang Maupay.

Meriam London masih menguasai laga hingga pertengahan babak pertama. Mereka sempat kesulitan menembus pertahanan The Toffees.

Arsenal akhirnya menemukan celah di di menit ke-40. Umpan Oleksandr Zinchenko menemui Bukayo Saka di kotak penalti.

Gol!! Saka yang bergerak di sisi kanan kotak penalti melepas sepakan keras ke tiang dekat. Bola sepakan Saka tak kuasa dibendung Jordan Pickford.

Arsenal memimpin 1-0. Sesaat sebelum turun minum, Idrissa Gueye bikin kesalahan fatal.

Gol!! Bola penguasaan Gueye dicuri Saka untuk kemudian diberikan ke Gabriel Martinelli. Martinelli dengan tenang menaklukkan Pickford. Hakim garis sempat menganggap Martinelli offside. Namun, VAR memastikan pemain Brasil ini onside.

Arsenal menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Arsenal tak mengendurkan serangan selepas jeda. Leandro Trossard sempat punya kesempata.

Ia berdiri di posisi yang tepat di depan gawang untuk menyambut umpan silang dari sisi kanan. Tembakan Trossard justru tak sempurna hingga bola melambung.

Everton berusaha memberikan perlawanan dari tembakan mendatar Dwight McNeil. Sepakannya tapi masih bisa diredam Ramsdale.

Gol!!! Arsenal menjauh di menit ke-71. Trossard yang menusuk dari sisi kiri memberi umpan tarik yang bisa disambar Martin Odegaard menjadi gol.

Eddie Nketiah punya peluang emas mencetak gol keempat Arsenal di menit ke-78. Ia lolos dari pengawalan menerima umpan dari Thomas Partey. Pickford menyelamatkan Everton kebobolan lagi dengan bisa menepis bola.

Gol!!! Arsenal akhirnya bisa benar-benar mencetak gol keempat di menit ke-82. Nketiah berperan saat umpannya dari sisi kiri kotak penalti menemui Martinelli di tiang dekat. Sontekan Martinelli memperdayai Pickford.

Arsenal masih punya beberapa peluang di menit akhir. Namun tak ada gol lagi yang tercipta.

Skor 4-0 untuk Arsenal menutup laga.

Susunan Pemain

Arsenal: Aaron Ramsdale; Ben White, Wiliam Saliba, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko (Kieran Tierney 82'), Martin Odegaard, Jorginho (Thomas Partey 46'), Granit Xhaka (Fabio Vieira 73'); Bukayo Saka (Emile Smith-Rowe 82'), Leandro Trossard (Eddie Nketiah 73'), Gabriel Martinelli.

Everton: Jordan Pickford; Seamus Coleman (Ben Godfrey 61'), Michael Keane, James Tarkowski, Vitalii Mykolenko; Alex Iwobi, Abdoulaye Doucoure (Tom Davies 79'), Idrissa Gueye (Mason Holgate 46'), Amadou Onana, Dwight McNeil; Neal Maupay (Demarai Gray 61').























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Arsenal Vs Everton: Meriam London Meledak dengan Menang 4-0"