Hagia Sophia

02 March 2023

Aldila Jelita Menderita Paru-paru Basah, Kondisi Apakah Itu?

Aldila Jelita alami paru-paru basah. Foto: ahsan/detikhot

Aldila Jelita menceritakan dirinya juga berada dalam kondisi tidak sehat ketika merawat Indra Bekti beberapa waktu lalu. Kala suaminya mendapat perawatan intensif di rumah sakit akibat pendarahan otak, Aladila ternyata berjuang melawan penyakit paru-paru basah.

"Sebenarnya paru-paru aku juga lagi aktif, makanya aku pun juga berusaha handle diri aku sendiri," curhat Aldila dalam salah satu video di YouTube Melaney Ricardo, Minggu (26/2/2023).

Menurut Aldila, suaminya adalah sosok yang perhatian kepada keluarga, termasuk dirinya sebagai istri. Namun, karena menjalani operasi, ingatan Bekti sempat kabur sehingga lupa dengan kondisi kesehatan Aldila.

"Memang dia orangnya care, tapi ada momen saat dia lupa. Jadi gimana caranya aku harus take care myself gitu," tambah Aldila.

Apa itu Paru-paru Basah?

Menurut spesialis paru dr Rezki Tantular, SpP(K) dari RSUD Dr Saiful Anwar, penyakit paru-paru basah sebenarnya tidak jelas dan tidak ada istilahnya dalam dunia medis. Namun, ada dua kondisi yang mungkin dianggap orang awam sebagai paru-paru basah.

"Efusi, ada cairan dalam pembungkus paru dan pneumonia atau radang paru. Keduanya bisa disembuhkan," ucap dr Rezki ketika dihubungi detikcom, Jumat (24/2/2023).

Efusi terbagi atas transudat dan eksudat. Efusi transudat disebabkan oleh kekurangan protein atau albumin dan kelainan organ seperti jantung, liver, serta ginjal. Efusi eksudat disebabkan oleh infeksi paru, tuberkulosis, dan infeksi pleura. Sementara itu, pneumonia disebabkan oleh infeksi mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit.

"Gejala efusi itu sesak napas, nyeri dada, batuk, kadang bisa demam, Kalau pneumonia saat batuk berdahak bisa terjadi perubahan warna dahak menjadi kuning atau kehijauan, demam, nyeri dada. Pada kondisi yang berat bisa dijumpai sesak napas," terang dr Rezki.

Penyembuhan dua penyakit ini tergantung dari tingkat kompleksitasnya. Proses penyembuhan dapat berlangsung mulai dari 3-4 hari bahkan 2 minggu.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Aldila Jelita Curhat Idap Paru-Paru Basah Saat Rawat Indra Bekti"