Hagia Sophia

23 March 2023

Waktu Olahraga Selama Puasa, Sesudah Sahur atau Sebelum Buka?

Olahraga saat puasa, mending pagi atau sore hari? (Foto: Getty Images/Johnce)

Puasa tidak seharusnya menjadi alasan untuk malas berolahraga. Pasalnya, berolahraga saat puasa dapat membuat tubuh dapat terjaga kesegarannya sehingga tetap lancar dalam beraktivitas. Baik ketika sedang puasa maupun tidak, berolahraga tetap penting karena memiliki banyak efek baik, seperti meningkatkan energi dan menjaga produktivitas.

Supaya olahraga tidak terasa begitu melelahkan dan malah bikin lapar, ikuti tips-tips dari para dokter ahli olahraga berikut ini.

"Pertama kita harus kenali diri sendiri, karena ketika saat bulan puasa, tubuh kita tidak sedang dalam kondisi yang biasanya, jadi rentan menjadi lemas dan akhirnya bahkan pusing dan pingsan karena kondisi yang tidak biasanya. Maka yang pertama kita harus kenali diri sendiri dan jangan memaksakan," ujar dr Caleb Leonardo Halim, SpKO pakar kesehatan olahraga dari RS Royal Progress kepada detikcom, Selasa (21/3/2023).

Selanjutnya, kurangi intensitas ketika olahraga. Hal ini dilakukan supaya tubuh dapat beradaptasi terlebih dahulu selama kondisi puasa minimal selama sepekan pertama.

"Biarkan tubuh beradaptasi kemudian tingkatkan kembali di minggu kedua," sambungnya.

Selain itu, penting juga untuk menjaga konsistensi dalam melakukan olahraga.

"Mungkin yang belum melakukannya, baru mau melakukan pas bulan puasa, maka tidak ada salahnya, Yuk kita lakukan. Mungkin mulai intensitasnya ringan, nggak apa-apa tapi lakukan secara teratur dan harus menyenangkan," pungkasnya.

Pendapat serupa juga disampaikan dr Finna Augustina Suryanto, SpKO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO). Menurutnya, yang terpenting adalah pemilihan waktu yang tepat untuk olahraga.

"Disarankan satu sampai dua jam sebelum buka puasa. Tujuannya apa, ketika mereka olahraga otomatis keluar keringet, rentan dehidrasi juga, kalau satu dua jam sebelum buka, maka setelah olahraga dia bisa berbuka tuh. Jadinya mereka bisa minum air putih atau cairan-cairan yang mengandung elektrolit," ujarnya ketika ditemui detikcom, Senin (20/3).

Senada dengan dr Caleb, ia juga menyarankan untuk mengurangi intensitas olahraga ketika puasa. Jika seseorang melakukan olahraga dengan intensitas tinggi maka akan lebih berisiko cepat haus.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tips Olahraga Aman saat Puasa, Mending Habis Sahur atau Sebelum Buka?"