Hagia Sophia

23 March 2023

Indra Bekti Kembali Dibawa ke RS Karena Alami Iritasi Mata Kiri

Indra Bekti baru-baru ini dilarikan kembali ke RS lantaran mengalami iritasi pada mata. Kondisi tersebut dialaminya setelah menjadi MC di acara Hotman Paris. (Foto: Ahsan Nurrijal/detikHOT)

Indra Bekti baru-baru ini dilarikan kembali ke rumah sakit setelah mata kirinya yang baru dioperasi mengalami iritasi. Hal tersebut dialaminya setelah menjadi MC di acara launching single dan party Hotman Paris Hutapea bersama Melaney Ricardo.

Pada acara tersebut, ada semburan asap yang diluncurkan untuk memeriahkan acara. Namun, ternyata semburan asap tersebut membuat mata kiri Indra Bekti mengalami iritasi sehingga ia bersama manajernya, Roy, langsung bergegas ke RSPAD Gatot Soebroto untuk memeriksakan matanya.

"Ya, insyaallah (sehat). Tapi, ini mau ke dokter dulu bentar, ada jendolan sedikit di mata," kata Indra Bekti sembari bergegas meninggalkan lokasi acara di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, dikutip dari InsertLive.

"Ini kita mau langsung ke RSPAD, soalnya mata Mas Bekti ada iritasi. Kayaknya gara-gara ada asep yang tadi di depan tuh makanya iritasi," timpal Roy, manajer Indra Bekti.

Terkait Mata Iritasi

Dikutip dari Cleveland Clinic, iritasi mata adalah istilah untuk ketidaknyamanan mata, gatal atau kekeringan. Kondisi ini biasanya cepat sembuh dengan pengobatan rumahan dan obat tetes mata yang dijual bebas.

Terdapat beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab iritasi pada mata. Paling umum disebabkan oleh:
  • Alergi. Banyak orang berurusan dengan alergi mata, atau kepekaan terhadap zat tertentu yang disebut alergen. Serbuk sari, bulu hewan peliharaan, debu, dan jamur adalah alergen yang umum.
  • Saluran air mata tersumbat. Air mata biasanya mengalir melalui lubang kecil di sudut mata yang disebut saluran air mata. Saluran air mata yang tersumbat mengganggu drainase air mata, menyebabkan iritasi mata, pengerasan kulit atau nyeri.
  • Penggunaan lensa kontak. Lensa kontak yang belum dibersihkan dengan benar mungkin mengandung kotoran asing yang menyebabkan ketidaknyamanan, kemungkinan menyebabkan infeksi. Mengenakan kontak lensa semalaman dapat menyebabkan luka mata yang disebut ulkus kornea.
  • Ketegangan mata terhadap layar digital. Menatap layar komputer, tablet, atau smartphone dalam waktu lama dapat mengiritasi atau membuat mata tegang. Anda mungkin juga mengalami sakit kepala, sakit leher, atau sakit punggung.
  • Iritasi lingkungan. Asap tembakau, asap, air kolam yang diklorinasi, dan bahkan cuaca kering semuanya dapat mengiritasi mata. Iritasi terhadap lingkungan juga dapat menyebabkan perasaan grittiness atau graininess di mata.
  • Adanya benda asing. Terkadang, sensasi bahwa ada sesuatu yang menempel di mata sebenarnya benar adanya. Apa pun dari bulu mata hingga partikel kotoran dapat masuk ke mata dan menyebabkan iritasi.
  • Infeksi. Beberapa infeksi, termasuk infeksi bakteri, jamur atau virus, dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada mata. Mata merah muda (konjungtivitis) adalah salah satu jenis infeksi mata yang paling umum.
  • Bintil. Pertumbuhan kecil yang menyakitkan ini bisa terbentuk di sekitar atau di kelopak mata. Mereka biasanya terlihat seperti jerawat berisi nanah dan juga dapat menyebabkan pembengkakan mata.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dialami Indra Bekti hingga Sempat Dirawat di RS, Ini Sederet Penyebab Iritasi Mata"