Hagia Sophia

23 March 2023

Ingin Nambah Berat Badan 10 Kg dalam 1 Minggu? Ini Caranya

Ilustrasi cara menambah berat badan 10 Kg dalam 1 minggu. Foto: shutterstock

Mungkin banyak sobat Detikers yang kurang percaya diri dengan tubuh yang kurus. Kondisi yang bisa saja mengindikasikan adanya gangguan kesehatan ini bisa terjadi pada laki-laki dan perempuan.

Beberapa kondisi yang dapat mengakibatkan tubuh terlihat kurus adalah genetik, masalah psikologis, masalah pencernaan, dan faktor lainnya. Tubuh yang terlalu kurus membuat penampilan tidak terlihat baik dan kurang percaya diri.

Jika ingin menambah berat badan, berikut beberapa cara yang bisa dicoba. Bagi yang ingin mencoba cara ini, sebaiknya dengan pendampingan tenaga kesehatan yang berkompeten.

Cara Menambah Berat Badan 10 Kg dalam 1 Minggu, Bisa?

Dikutip dari Styles At Life, beberapa cara ini diklaim dapat meningkatkan berat badan hingga 10 Kg dalam satu hingga beberapa minggu. Kendati begitu, hasilnya berbeda pada tiap orang bergantung dari pengaturan diet, olahraga, dan aktivitas sehari-hari. Berikut penjelasan lengkapnya

1. Mengonsumsi Ekstra Kalori
Kebutuhan Kalori tiap orang berbeda bergantung pada tinggi dan berat badan, tingkat aktivitas dan metabolisme. Untuk meningkatkan berat badan, konsumsi kalori harian harus ditambah.

Jika ingin menambah berat badan lebih sedikit dari setengah kilo seminggu, konsumsi yang ditambahkan adalah 1.000 kalori. Ekstra kalori bisa diperoleh dari bit merah, aprikot, sereal, labu, kismis, pisang, kurma, kacang-kacangan, jagung, dan kentang.

Kebutuhan kalori juga bisa didapat dari alpukat, kacang panggang, keju, mentega, krim, telur, hingga granola. Pastikan selalu berkonsultasi pada dokter untuk memilih menu yang tepat dan sesuai keperluan tubuh.

2. Meningkatkan Frekuensi dan Porsi Makan
Meningkatkan frekuensi dan porsi makan bisa dimulai dengan menjadwalkan 3 kali makan setiap hari. Selain itu, ada jadwal makan camilan di sela waktu makan. Cara lain adalah meningkatkan porsi makan.

Kenaikan berat tubuh yang ideal dapat diperoleh dengan mengkonsumsi granola dan donat. Cara ini tidak sekadar meningkatkan berat badan, tapi memperbaiki pola makan menjadi lebih teratur.

3. Memenuhi Asupan Cairan dengan Minum yang Cukup
Asupan air yang cukup sangatlah berpengaruh pada massa otot. Ketika tidak minum cukup air yang digunakan untuk massa otot, maka akan kesulitan untuk menambah berat badan agar mencapai berat ideal.

memenuhi asupan cairan sebanyak 6-8 gelas setiap hari dapat dipenuhi dengan mengonsumsi protein shake, jus buah segar, susu dan milkshake dan lain-lain. Minuman berenergi dan jus buah segar menjaga tubuh terhidrasi, dan massa otot.

4. Melakukan weight lifting
Angkat beban atau latihan beban dapat membantu menambah berat badan. Kegiatan seperti angkat besi berguna mengubah lemak ekstra menjadi otot. Olahraga angkat beban dapat dilakukan 3 kali dalam seminggu.

Berolahraga sangat penting bagi semua orang karena berguna untuk mencapai berat badan ideal. Untuk orang kurus, Olahraga berfungsi untuk mendapatkan massa. Jadi jangan sampai salah mengira bahwa orang kurus tidak perlu berolahraga, ya.

5. Konsumsi Suplemen Creatine
Creatine merupakan pil ajaib yang dapat membantu Anda untuk menambah berat badan. Namun harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi creatin. Tujuannya adalah memastikan dosisnya tepat sesuai kebutuhan.

Umumnya, untuk 5-7 hari pertama Anda bisa mengonsumsi 20g pil Creatine yang dapat dibagi menjadi 4 porsi. Setelah itu, Anda bisa mengonsumsi minimal 3-5g creatine yang dapat dilanjutkan tanpa batas waktu.

6. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup dan Benar
Fakta sebagian besar otot merenovasi dan mengembangkan diri pada saat yang sama saat kita tidur tentunya menjadikan kualitas tidur yang kita miliki akan berpengaruh pada kenaikan berat badan.

Oleh karena itu, memiliki waktu istirahat yang baik dengan tidur tentunya sangat penting untuk pertumbuhan massa otot sehingga sangat disarankan untuk tidur setidaknya 6 hingga 8 jam.

7. Minum Jus Wortel
Jus wortel bisa menjadi solusi ajaib bagi Anda yang ingin menambah berat badan. Minuman ini mempengaruhi gerakan enzim yang diproduksi di usus kecil sekaligus mengembangkan asimilasi nutrisi.

Jumlah wortel yang dikonsumsi adalah 2 ons atau 2-3 jus wortel saat perut Anda sedang dalam keadaan kosong. Organ pencernaan menyerap sepenuhnya nutrisi dan memberi pengaruh signifikan bagi penambahan berat badan.

8. Meningkatkan Jumlah Makanan Harian
Meningkatkan jumlah makanan harian bisa menjadi solusi paling sederhana untuk meningkatkan berat badan. Jumlah frekuensi makanan harian menjadi 4-5 kali per hari.

Porsi tersebut meliputi 3 makanan lengkap dan 2 makanan ringan di tengah-tengahnya. Makan teratur memungkinkan tubuh memperoleh asupan terjadwal, yang tentunya mempengaruhi kenaikan berat badan.

9. Yoga
Melakukan yoga secara teratur dalam 10 hari akan menghasilkan pengaruh yang signifikan bagi peningkatan berat badan. Menambahkan yoga ke dalam rutinitas harian minimal 30 menit setiap hari akan membantu menyembuhkan tubuh secara internal.

10. Melakukan Olahraga Rutin
Berolahraga secara teratur akan membawa perubahan yang luar biasa pada tubuh Anda. Melakukan olahraga dalam bentuk apa pun setidaknya selama 30 menit selama 5 hari dalam seminggu akan membantu mengatur metabolisme tubuh.

Rajin olahraga akan meningkatkan nafsu makan sehingga berpengaruh dalam menambah berat badan. Jadi jika Anda mencari cara untuk menambah berat badan secara alami, maka hal pertama dan terpenting adalah melakukan olahraga.

11. Menghilangkan Stress
Tahukah jika stress menjadi salah satu alasan terbesar penurunan berat? Anda bisa memulai menghilangkan stress agar berhasil menambah berat badan dan mencapai bobot yang diinginkan.

Stress berisiko mengakibatkan segala upaya untuk meningkatkan berat badan tidak berhasil. Jadi, jangan sampai stress jika ingin menambah berat badan ya.

12. Tetap Memotivasi Diri
Motivasi menjadi hal yang terpenting agar dapat konsisten dengan tujuan yang ingin dicapai. Memberi afirmasi positif dapat membantu agar tetap termotivasi.

Menambah berat badan, sama seperti menurunkan, tidak bisa dilakukan dengan cara instan. Karena itu, sangatlah penting untuk tetap termotivasi agar tidak teralihkan dari tujuan yang ingin dicapai.

Nah itu dia berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menambah berat badan dan menghempaskan rasa insecure sejauh mungkin. Tertarik untuk mencoba? Save artikel ini dan tentunya tetap pantau artikel lainnya agar tidak ketinggalan info ya sobat Detikers.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Menambah Berat Badan 10 Kg dalam 1 Minggu, Bisa? Yuk Hempaskan Insecure"