Hagia Sophia

25 April 2023

Tips dari Ahli Gizi untuk Atasi Badan Gemuk Usai Lebaran

Dihantui 'oporwright' selepas lebaran (Foto: iStock)

Banyak orang yang memanfaatkan bulan Ramadan sebagai momen untuk menurunkan berat badan. Puasa sebulan penuh dapat membantu proses diet hingga berat badan ideal bisa didapatkan.

Namun perlu diperhatikan, tidak jarang masyarakat mengalami yang namanya kenaikan dan penurunan berat badan setelah lebaran. Paling sering sih naik ya, karena opor dan hidangan lezat lainnya bikin kalap makan dan akhirnya mengalami 'oporweight'.

Selain itu, pola makan yang kembali bebas hingga tidak olahraga bisa menjadi beberapa faktornya.

Bagaimana caranya berat badan bisa stabil setelah Hari Raya Idul Fitri? Ahli gizi & dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul Jakarta Nazhif Gifari, S.Gz, M.Si mengungkapkan ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar berat badan tidak naik turun setelah lebaran.

Salah satu hal utama yang harus diperhatikan adalah mengatur pola makan tetap terjaga dan seimbang.

"Yang pertama atur pola makannya. Jadi setelah kita puasa kemudian lebaran pengaturan pola makan harus disesuaikan. Jadi porsinya dan jenisnya itu harus dibatasi," ucap Nazhif ketika ditemui detikcom di Jakarta Selatan, Selasa (11/4/2023).

Adapun lebih lanjut olahraga teratur juga bisa menjadi senjata ampuh menjaga berat badan tetap stabil. Jika selama puasa tubuh lemas dan malas berolahraga, maka momen setelah lebaran adalah saat yang tepat.

"Kemudian jangan lupa kita berolahraga. Mungkin pas kita puasa nggak ada energi terus kita nggak olahraga, tapi pas setelah puasa yuk kita biasakan berolahraga. Jadi itu membuat tubuh itu tidak sempat loyo karena fit karena berolahraga," sambungnya.

Selain itu, Nazhif juga menekankan pentingnya waktu tidur dalam menjaga berat badan tubuh. Waktu ideal orang dewasa untuk tidur adalah 7-8 jam.

"Yang terakhir juga kita atur waktu istirahat, karena istirahat itu kan mungkin waktu pas puasa kita kurang tidurnya. Tapi setelah kita puasa, setelah lebaran, atur waktu tidur kita mungkin rata-rata normal ya 7 sampai 8 jam per hari. Jadi itu yang membuat kita tubuh menjadi lebih fit, tidak lemas, dan lain-lain," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dihantui Oporweight Seusai Lebaran? Ini Tips Anti Gendut dari Ahli Gizi"