Hagia Sophia

25 April 2023

Prediksi Cuaca Hari Ini Menurut BMKG

Foto: Ari Saputra

Masyarakat Indonesia di berbagai wilayah kini mengeluhkan suhu yang lebih panas dibandingkan biasanya sejak kemarin, Senin (24/4/2023). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, penyebab utama panasnya suhu di Indonesia yakni dinamika atmosfer yang tidak biasa, dibarengi gelombang panas wilayah Asia.

BMKG lebih lanjut memaparkan prediksinya perihal cuaca hari ini, Selasa (25/4). Dalam unggahan di akun Instagram @infobmkg, terlihat sejumlah wilayah bakal berada pada level low (risiko bahaya rendah), moderate (risiko bahaya sedang), high (risiko bahaya tinggi), dan very high (risiko bahaya sangat tinggi) pada pukul 09.00 WIB.

Berlanjut pada pukul 10.00 WIB dan 11.00 WIB, wilayah-wilayah di Indonesia 'diwarnai' level moderate, high, very high, dan ekstrem (risiko berbahaya sangat ekstrem).

Pada wilayah dengan level tertinggi yakni ekstrem, diperlukan tindakan perlindungan untuk area kulit dan mata lantaran paparan matahari tanpa pelindung berada di tingkat bahaya ekstrem.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk menghindari paparan sinar matahari pukul 10 pagi hingga 4 sore, berada di tempat teduh saat matahari terik siang hari, serta mengenakan pakaian pelindung dari paparan matahari seperti topi lebar dan kacamata hitam penghalang sinar UV saat berada di luar ruangan.

Baru pada pukul 15.00 WIB, terlihat tak ada warna risiko bahaya tinggi di seluruh wilayah Indonesia.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Prediksi BMKG soal Cuaca RI Hari Ini, Teriknya Masih Ugal-ugalan?"