Hagia Sophia

25 April 2023

Simvastatin Obat untuk Kontrol Kolesterol, Tidak Boleh Dikonsumsi Sembarangan

Salah kaprah 'simple hack' usir kolesterol dengan simvastatin (Foto: Getty Images/AsiaVision)

Simvastatin merupakan salah satu obat untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Namun tidak berarti boleh dikonsumsi sembarangan, apalagi demi bisa makan enak selama lebaran.

Di Indonesia, obat kolesterol dengan kandungan simvastatin termasuk obat keras yang artinya hanya bisa diminum dengan resep dan petunjuk profesional. Obat ini tidak dijual bebas seperti obat warung.

Selain itu, cara kerjanya tidak seperti yang dibayangkan banyak orang. Berharap obat ini akan memberikan efek instan dalam waktu singkat, jelas salah kaprah.

Praktisi kesehatan dr Andi Khomeini Takdir Haruni alias dr Koko menegaskan hal itu dalam salah satu unggahannya di media sosial. Menurutnya, obat golongan statin (termasuk simvastatin) bekerja lambat.

"Minum statin tidak untuk menangkal kolesterol yang tiba-tiba meningkat karena asupan high-fat diet di fase Lebaran," beber dia dalam akun pribadinya, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Cara terbaik untuk menangkal kolesterol saat dan setelah lebaran, menurut dr Koko adalah dengan menjaga diet seimbang. Artinya, makan enak boleh-boleh saja tetapi diimbangi dengan menu yang lebih sehat.

"Jika pun harus makan yang high-fat diet di fase Lebaran. Kawan kita adalah apel, bawang, tomat, tempe," jelasnya.

Saat lebaran akhir pekan lalu, beredar tips mengatasi kolesterol di berbagai platform media sosial. Salah satunya menganjurkan untuk sedia simvastatin agar bebas makan enak tanpa risiko gangguan kolesterol.

"Must have item for lebaran," demikian cuitan di salah satu akun Twitter, merujuk simvastatin.

Anjuran tersebut tentu saja salah kaprah. Selain tidak bisa bekerja secara instan, simvastatin juga tergolong obat keras yang tidak bisa dikonsumsi sembarangan, harus dengan resep dan petunjuk profesional.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Salah Kaprah Minum Simvastatin Usir Kolesterol Selepas Lebaran"