Hagia Sophia

25 April 2023

Arus Balik Mudik Mulai Terlihat, Berapa Lama Istirahat di Rest Area yang Efektif?

Ilustrasi mudik Lebaran 2023. Foto: Ikbal Selamet/detikJabar

Masyarakat Indonesia kini marak melakukan perjalanan arus balik setelah bepergian mudik Lebaran. Demi perjalanan yang aman, kesehatan fisik patut menjadi perhatian besar. Di antaranya, dengan memastikan tubuh mendapat istirahat cukup agar tak mengantuk dan kelelahan saat berkendara.

Lantas idealnya agar aman, berapa lama waktu yang diperlukan untuk beristirahat di rest area saat melakukan perjalanan arus balik mudik?

Plt Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI dr Yanti Herman mengingatkan, penting untuk seorang pengendara memahami jalur yang bakal ditempuh saat melakukan perjalanan mudik. Dengan begitu, pengendara bisa mengetahui titik-titik rest area agar jika memerlukan, bisa melakukan istirahat.

"Yang pasti pemudik kalau mau pulang sehat dulu badannya. Apalagi pengemudinya nomor satu," ungkap dr Yanti saat ditemui detikcom di kantor Kemenkes RI, Senin (17/4/2023).

"Manfaatkan rest area yang ada, jadi sebelum berangkat itu jalurnya harus tahu mau mengambil jalur mana. Mitigasi rest area yang ada, manfaatkan rest area itu. Untuk peregangan minimal dilakukan 10 menit. Kalau perlu tidur ya tidur di rest area," sambungnya.

Dihubungi secara terpisah, pakar kesehatan tidur RS Mitra Kemayoran dr Andreas Prasadja atau yang akrab disapa sebagai dr Ade menjelaskan, satu-satunya cara untuk mengembalikan kemampuan otak ketika mengantuk saat berkendara adalah tidur. Mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi hanya membuat mata 'melek' sementara, namun tidak mengembalikan fungsi otak yang lelah.

"Jadi kafein bikin melek aja, tapi untuk kemampuan konsentrasi, kewaspadaan, dan respons-responsnya itu tetap buruk," jelasnya pada detikcom, Selasa (18/4).

Pun ingin mengkonsumsi kopi untuk mencegah kantuk, dr Ade menyarankan teknik 'Nap-a-Latte'. Caranya, pengemudi meminum kopi lebih dulu, kemudian dilanjut dengan tidur singkat di rest area. Pasalnya, kafein baru menimbulkan efek 30 menit setelah dikonsumsi. Agar efeknya maksimal, selama waktu tersebut, pengemudi bisa menyempatkan tidur lebih dulu.

"Silakan ngopi. Habis ngopi, terus tidur, 15 menit, 20 menit, setengah jam, tidur aja sepuasnya," ujar dr Ade.

"Begitu bangun, kita sudah mendapatkan manfaat dari tidurnya, konsentrasinya kembali, kewaspadaan respons refleknya kembali," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Biar Badan Segar Lagi, Perlu Istirahat Berapa Lama di Rest Area saat Balik Mudik?"