Hagia Sophia

18 May 2023

Inikah Alasan Alien Tidak Melakukan Kontak dengan Manusia Bumi?

Ilustrasi Alien (Foto: dok Wallpapercave)

Ilmuwan berteori baru mengapa alien tidak melakukan kontak dengan manusia di Bumi. Penggunaan alat yang tidak begitu canggih menjadi penyebabnya.

Sulit membayangkan hingga saat ini tidak ada laporan tentang kehidupan luar yang mencoba menghubungi Bumi. Meskipun ada upaya, umat manusia tetap tidak terjawab.

Menghimpun dari New York Post, Senin (15/5/2023), ada satu penelitian dari Laboratorium Biofisika Statistik di Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL) di Swiss, yang berteori mengapa manusia diabaikan setiap kali mencoba melakukan kontak.

"Kita baru mencari selama 60 tahun," kata ahli biofisika, Claudio Grimaldi.

Alien mungkin mencoba melakukan kontak dengan kita. Tetapi, mengingat berapa lama kita telah berusaha melakukan kontak dan posisi kita dengan kemungkinan peradaban alien, kesabaran menjadi faktor penting.

Grimaldi telah menganalisis selama 60 tahun, dan menunjukkan bahwa umat manusia menggunakan detektor yang tidak cukup sensitif untuk menerima pesan. Selain itu, teleskop radio yang digunakan mungkin tidak diarahkan ke posisi yang benar. Studi itu didasarkan pada model yang dikembangkan untuk bahan berpori seperti spons.

"Jika kita benar berada di wilayah hampa selama 60 tahun, model kita menunjukkan terdapat kurang dari satu hingga lima emisi elektromagnetik per abad di manapun di galaksi kita, sama langkanya dengan supernova di Bima Sakti," kata Grimaldi.

Sinyal elektromagnetik merupakan energi yang bergerak melalui ruang sebagai medan listrik dan magnet yang berfluktuasi, bisa berbentuk gelombang radio, sinar-X, dan sinar gamma.

Grimaldi percaya membutuhkan 60 tahun untuk sinyal ini mencapai planet kita, tapi mungkin waktu yang dibutuhkan bisa 2000 tahun, mengingat teknologi teleskop radio Bumi terbatas.

Saat ini, meskipun nihil laporan manusia yang dihubungi oleh kehidupan luar, tapi terjadi peningkatan jumlah benda asing UFO yang dilaporkan di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Contohnya, rekaman yang dirilis Pentagon bulan lalu, adanya objek bola yang meluncur melintasi langit di atas zona militer aktif.




























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Teori Baru Kenapa Alien Tak Bikin Kontak dengan Manusia"