Hagia Sophia

18 May 2023

Ibu Hamil Ingin Nonton Coldplay? Ini Saran Dokter

Foto: Konser Coldplay di Jakarta. (Foto: Istimewa)

Menyambut konser Coldplay di Jakarta November mendatang, promotor memberikan peringatan untuk kelompok berkebutuhan khusus termasuk pengguna kursi roda dan ibu hamil. Untuk ibu hamil, ada imbauan untuk tidak mengambil kelas berdiri bebas, harus di kursi bernomor.

"Untuk alasan keamanan, ibu hamil tidak diperbolehkan menonton di area festival (berdiri bebas)," tulis promotor Third Eye Management (TEM) dalam unggahannya.

"Dan diwajibkan membeli tiket di kategori duduk bernomor (ultimate experience, CAT 1, CAT 2, CAT 3, CAT 4, CAT 5, CAT 6, CAT 7 dan CAT 8," lanjutnya.

Terkait imbauan tersebut, spesialis kandungan dr Ivan Sini, SpOG menyebut secara umum tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk menonton konser. Sekadar having fun, umumnya diperbolehkan.

"Jarang sekali kondisi adrenalin dan endorphin yg tinggi bisa menyebabkan kontraksi, kecuali physical trauma," kata dr Ivan, ketika dihubungi detikcom, Rabu (17/5/2023).

"Tapi kalau kehamilannya memang sudah ada masalah, itu memang harus hati-hati. Tentu risiko untuk menjadi kontraksi, pecah ketuban, segala macam itu kan selalu menjadi bagian pengawasan gitu ya," kata dr Ivan.

Terkait usia kandungan, dr Ivan menuturkan tidak ada batasan untuk ibu hamil jika ingin menonton konser. Bahkan, ibu hamil muda pun bisa menikmati penampilan Chris Martin dan kawan-kawan selama kondisinya sehat.

"Nggak ada minimal, nggak ada maksimal. Tergantung kondisinya," tutur dr Ivan.

"Dokter akan memberikan assessment. Kalau dia bilang 'bagus' ya udah nggak masalah," sambungnya.

dr Ivan memberikan sejumlah tips aman untuk ibu hamil ketika ingin menonton konser Coldplay, di antaranya:
  • Rajin berolahraga (yoga atau jalan pagi)
  • Makan makanan bergizi
  • Berkonsultasi dengan dokter
  • Jangan memaksakan keadaan apabila tidak diperbolehkan oleh dokter menonton konser.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ibu Hamil Nonton Coldplay Wajib Duduk! Dokter Kandungan Bagikan Tipsnya"