Hagia Sophia

18 May 2023

Kemenkes Ghana Kunjungi Provinsi Jawa Barat dalam Rangka 'Study Tour'

Kemenkes Ghana berkunjung ke Bandung, apa yang dipelajari? (Foto: Suci Risanti Rahmadania/detikHealth)

Setelah berkunjung ke Kementerian Kesehatan RI pada Senin, sebanyak tujuh delegasi Kementerian Kesehatan Ghana juga mengadakan kunjungan ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Kesehatan Kota Bandung pada Selasa hingga Rabu (16-17/5/2023)

Adapun kunjungan dalam rangka Program International Study Tour to Health Institutions of Excellence in Immunization ini, bertujuan untuk mempelajari sistem dan best practices Indonesia dalam menjalankan program imunisasi sekaligus penjajakan potensi kerja sama kesehatan antar kedua negara.

"Terima kasih telah memilih Indonesia sebagai negara yang di kunjungi untuk studi visit. Kami sangat senang dan menyambut baik kunjungan kerja dari negara sahabat, Ghana," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Maxi Rein Rondonuwu di kantor Dinkes Bandung, Selasa (16/5/2023).

Maxi menyebut, Indonesia dipilih sebagai salah satu negara tujuan studi visit katena dinilai sukses dalam melaksanakan program imunisasi nasional, terutama di tengah situasi pandemi COVID-19 yang saat ini masih ada.

Indikasi keberhasilan ini juga dilihat dari cakupan vaksinasi COVID-19 yang sudah mencapai 92 persen dari populasi. Begitu juga tingkat imunitas atau kekebalan masyarakat menyentuh angka 99 persen.Angka tersebut sudah melebihi target yang ditetapkan oleh WHO.

Selain itu, sistem imunisasi Indonesia dinilai bangkit lebih kuat. Ini terlihat dari cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) di tahun 2022 yang mencapai 4.119.629. Meningkat signifikan dibandingkan dua tahun sebelumnya.

"Tadi dibahas beberapa hal terkait strategi imunisasi nasional, mencakup produksi dan distribusi vaksin, penyimpanan, perencanaan, penyelenggaraan, dan promosi program," terangnya.

Selain itu, Maxi menyebut pertemuan juga membahas potensi kerjasama kesehatan bilateral antara Indonesia dan Ghana untuk perbaikan sistem kesehatan di kedua negara.

Sebagaimana diketahui, Ghana telah memberlakukan National Vaccine Institute Bill pada tahun 2023 dan telah mendirikan Institut Vaksin Nasional pada 10 Mei 2023, untuk mengembangkan arah kebijakan dan implementasi produksi dan pembuatan vaksin di Ghana.

"Selamat kepada pemerintah Ghana atas pencapaian ini," ungkapnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kemenkes Ghana 'Study Tour' ke Bandung, Ini yang Dipelajari"