Hagia Sophia

25 July 2023

Artis Bobby Joseph Ditangkap Satresnarkoba Karena Gunakan Tembakau Sintetis

Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Artis Bobby Joseph kembali ditangkap Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan karena kedapatan memiliki dan menggunakan tembakau sintetis. Bobby ditangkap di kediamannya di kawasan Cinere, Depok, pada Jumat (21/7) malam.

Kasat Reserse Narkoba Polres Metro Jaksel Kompol Achmad Ardhy mengungkapkan Bobby ditangkap setelah diduga menyimpan tembakau sintetis tersebut. Hasil uji laboratorium juga menunjukkan bahwa Bobby positif menggunakan tembakau sintetis.

"Sudah dilakukan proses cek lab dan positif MDMB dan PINACA, itu tembakau sintetis," ujar Kompol Achmad Ardhy dikutip dari detikNews, Senin (24/7/2023).

"Tes urine negatif karena dia menggunakan tembakau sintetis. Beda, karena urine yang lain positif, kalau ini tembakau sintetis, dia tesnya harus sendiri," lanjutnya.

Apa Itu Tembakau Sintetis?

Dikutip dari laman CDC, tembakau sintetis atau yang disebut juga synthetic cannabinoids adalah senyawa kimia yang digunakan sebagai alternatif pengganti ganja. Tembakau sintetis bukan berupa ganja atau marijuana, melainkan tanaman herbal yang disemprot dengan cairan kimia sehingga memberikan efek yang kuat.

Di Indonesia, tembakau sintetis juga dikenal dengan istilah sinte atau 'tembakau gorila'. Umumnya, tembakau sintetis ini dikonsumsi dengan cara dicampur dengan tembakau rokok, lali dilinting dan dibakar seperti rokok.

Dampak Menggunakan Tembakau Sintetis

Tembakau sintetis merupakan jenis narkotika yang masuk pada golongan I. Sama seperti jenis narkotika lain, penyalahgunaan tembakau sintetis bisa menimbulkan dampak kesehatan serius, antara lain:
  1. Kehilangan kesadaran
  2. Detak jantung meningkat
  3. Halusinasi
  4. Psikosis
  5. Nyeri dada
  6. Mual dan pusing
  7. Hipertensi
  8. Hipertermia
  9. Gangguan Ginjal
  10. Stroke



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bobby Joseph Positif Pakai Tembakau Sintetis, Narkoba Jenis Apa Itu?"