Hagia Sophia

25 July 2023

Mendag Malaysia Meninggal Usai Operasi Perdarahan Otak

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/ProfessionalStudioImages

Menteri Perdagangan Dalam Negeri dan Biaya Hidup (KPDN) Malaysia Salahuddin Ayub meninggal dunia di usia 61 tahun. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh putrinya, Fatiha Salahuddin, dalam postingan Facebook.

"Dengan sedih kami menginformasikan bahwa kepala keluarga kami, Salahuddin Ayub meninggal dunia pada pukul 21.23 pada 23 Juli 2023," tulisnya.

Sekretaris Pers Salahuddin, Syakirin Husnal, dalam keterangannya mengatakan Salahuddin meninggal dunia di Rumah Sakit Sultanah Bahiyah (HSB) di Alor Setar, Kedah. Salahuddin meninggal setelah menjalani operasi perdarahan otak pada hari tersebut.

Saat ini, jenazah Salahuddin akan dibawa ke rumah ibunya di Kampung Serkat (Kopi Tenggek), Tanjung Piai. Pihak keluarga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak atas doa dan belasungkawa.

"Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh dokter dan staf Rumah Sakit Sultanah Bahiyah, Alor Setar, Kedah," ujar Syakirin yang dikutip dari Channel News Asia, Senin (24/7/2023).

Syakirin mengungkapkan, sebelumnya Salahuddin dibawa ke unit gawat darurat HSB pada Jumat (21/7) sekitar pukul 22.15 waktu setempat. Ia mengalami mual dan muntah, sampai akhirnya didiagnosis mengidap perdarahan otak oleh dokter spesialis.

Salahuddin meninggalkan seorang istri dan enam anak. Perdana Menteri Anwar Ibrahim menggambarkan kematian Salahuddin sebagai kehilangan besar baginya, secara pribadi, dan keluarganya.

"Dia dikenal memiliki karakter yang terhormat, baik untuk teman atau musuhnya. Sosok tangguh yang bekerja dan sangat taat pada amanah dan tanggung jawab," tuturnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mendag Malaysia Salahuddin Ayub Meninggal usai Operasi Perdarahan Otak"