Hagia Sophia

28 August 2023

Beberapa Jenis Ikan yang Bikin Panjang Umur Bila Dikonsumsi 2 Kali Seminggu

Foto: iStock

Konsumsi ikan secara rutin membawa manfaat panjang umur. Ini 5 jenis ikan yang disarankan dikonsumsi 2 kali seminggu.

Beberapa makanan terkenal dengan manfaatnya yang mampu memperpanjang umur jika dikonsumsi rutin. Salah satunya ikan yang kaya asam lemak omega-3.

Mengutip Well and Good, ahli gizi Maya Feller mengatakan ada beberapa jenis ikan yang bisa memenuhi manfaat ini. Kelompok ikan itu biasa disingkat dengan SMASH. American Heart Association (AHA) merekomendasikan konsumsi satu porsi ikan SMASH dua kali dalam seminggu demi mendapatkan umur panjang.

Tak cuma itu, kelima ikan ini juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat di wilayah 'zona biru'. Zona biru sendiri dikenal sebagai wilayah yang dikenal dengan angka harapan hidupnya yang tinggi. Wilayah-wilayah itu di antaranya Okinawa (Jepang), Sardinia (Italia), Nicoya (Kosta Rika), Ikaria (Yunani), dan Loma Linda (California, AS).

"Tubuh kita tidak bisa memproduksi asam lemak omega-3. Jadi kita harus mendapatkannya dari makanan," jelas Feller.

Asam lemak omega-3 sendiri terlibat dalam banyak sistem tubuh, termasuk kesehatan otak, sistem saraf pusat, dan kesehatan kardiovaskular. Konsumsi ikan SMASH dua kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung.

Selain itu, ikan SMASH juga merupakan sumber protein tanpa lemak. Ikan ini juga dilengkapi nutrisi lain yang punya banyak khasiat untuk tubuh. Kadar merkuri pada ikan SMASH juga terbilang rendah.

Berikut beberapa ikan yang bikin panjang umur:

1. Salmon
Mengutip Eating Well, sebagian besar salmon yang dibudidayakan memiliki kandungan merkuri dan kontaminan lain yang relatif rendah.

2. Makarel
Foto: iStock

Ikan dengan rasa yang kuat ini kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Ikan ini juga menjadi sumber protein yang baik. Dalam setiap 85 gram sajian ikan makarel terdapat sekitar 20 gram protein.

3. Ikan anchovy
Ikan bertubuh kecil ini biasa diolah jadi apa pun. Selain rasanya yang gurih, ikan anchovy yang mirip ikan teri ini juga mengandung banyak nutrisi.

Ikan anchovy mengandung protein, lemak sehat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, dan masih banyak lagi.

4. Sarden
Foto: shutterstock

Ikan sarden mengandung hampir 300 miligram asam lemak omega-3 dalam setiap 85 gram. Ikan satu ini juga kaya akan vitamin D dan kalsium.

5. Haring (herring)
Ikan haring adalah makanan pokok pada diet Nordik. Ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang lebih tinggi daripada sarden dan makarel. Ada sekitar 1.400 miligram omega-3 dalam setiap 85 gram ikan haring.

Selain itu, ikan haring juga jadi sumber vitamin D dan selenium yang baik.



























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "Mau Panjang Umur? Konsumsi 5 Ikan Ini 2 Kali Seminggu"