Hagia Sophia

28 August 2023

Kebiasaan Pagi Ini Bisa Percepat Turunkan Berat Badan

Foto: Shutterstock

Setiap orang mendambakan memiliki tubuh yang ideal. Karenanya, tidak sedikit yang melakukan segala cara demi memangkas berat badan dan mewujudkan body goals-nya.

Misalnya, dengan berdiet dan berolahraga. Kedua hal tersebut memang kerap menjadi jurus jitu untuk menurunkan berat badan. Tapi apakah Anda tahu tubuh ideal juga bisa diwujudkan hanya dengan sedikit mengubah kebiasaan di pagi hari?

Faktanya, sejumlah studi membuktikan beberapa 'ritual' pagi ternyata bisa membuat Anda memiliki tubuh ideal dengan lebih cepat. Apa saja sih 'ritual' yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

1. Bangun Lebih Awal

Ada alasan mengapa orang-orang mengatakan bangun lebih pagi itu menyehatkan. Sebuah studi mengungkapkan orang yang bangun lebih pagi memiliki risiko bertambah berat badan yang lebih rendah.

Ini karena untuk dapat bisa bangun lebih awal, artinya Anda juga harus tidur lebih awal juga. Kebiasaan ini membuat Anda memiliki siklus tidur yang teratur, yang mana menjadi salah satu faktor penting dalam menurunkan berat badan. Dengan siklus tidur yang teratur, metabolisme tubuh di pagi hari akan lebih terpacu.

2. Minum Air Hangat

Banyak orang yang suka memulai hari mereka dengan mengonsumsi minuman dingin yang menyegarkan. Tapi apa Anda tahu minum air putih hangat lebih bermanfaat untuk tubuh?

Saat dikonsumsi di pagi hari, air hangat dapat merangsang sistem pencernaan dan membuatnya tetap aktif. Hal ini akan makin meningkatkan sistem metabolisme yang amat berpengaruh dalam menurunkan berat badan.

3. Sarapan Berprotein

Mengonsumsi makanan yang kaya protein saat sarapan akan memberikan Anda energi yang cukup untuk beraktivitas di pagi hari, termasuk berolahraga. Selain itu, mengonsumsi makanan yang tinggi protein di pagi hari akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mengurangi kecenderungan ngemil, meningkatkan mood, hingga membantu menjaga kadar gula dalam darah.

4. Rajin Olahraga Pagi

Pagi hari sering disebut waktu terbaik untuk berolahraga. Studi menunjukkan berolah raga dengan perut kosong akan membuat tubuh menggunakan timbunan lemak yang tersimpan sebagai 'bahan bakar'. Dengan kata lain, berolahraga di pagi hari bisa membantu Anda membakar lemak tubuh dengan lebih mudah.

5. Meditasi

Percaya tidak percaya, meluangkan 10-15 menit di pagi hari untuk bermeditasi bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Sebab, meditasi dapat menenangkan pikiran dan menurunkan tingkat stres.

Stres sendiri sering dikaitkan sebagai salah satu faktor yang memicu kebiasaan overeating dan emotional eating. Jadi dengan bermeditasi, Anda sudah menghilangkan salah satu faktor pemicu kegemukan.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Kebiasaan Simpel Pagi Hari yang Bantu Pangkas BB Lebih Cepat"