Hagia Sophia

28 August 2023

India Bersiap Bawa Manusia ke Bulan

Misi Chandrayaan-3 yang sukses mendarat di Bulan, bakal berdampak besar pada industri luar angkasa India. Foto: AP/

India baru saja cetak sejarah dengan sukses mendaratkan wahana antariksa Chandrayaan-3 di Bulan. Dampaknya, industri luar angkasa India diperkirakan akan meroket.

Hal itu diungkapkan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi bahwa industri luar angkasa India akan tumbuh dari USD 8 miliar menjadi USD 16 miliar di tahun-tahun mendatang.

Pertumbuhan tersebut, dikatakan Modi, mencerminkan sektor luar angkasa digarap Negeri Bollywood itu yang kuat.

Sebelumnya, Rusia baru saja mengalami kegagalan mendaratkan wahana mereka ke Bulan. Tentu saja, kabar tersebut membuat India harap-harap cemas, apalagi India pernah gagal mendaratkan wahananya di satelit alami Bumi itu pada 2019.

Namun kekhawatiran tersebut tidak terjadi dan India mengukir tinta emas hingga membuatnya sejajar dengan Amerika Serikat, Uni Soviet, dan China.

"India ada di Bulan! Kebanggaan nasional kami ditempatkan di Bulan!," ucap Modi memuji pencapaian misi Chandrayaan-3 diktuip dari Live Mint, Sabtu (26/8/2023).

Di depan para ilmuwan Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO), Modi mengungkapkan keberhasilan misi Chandrayaan-3 itu tidak menutupkemungkinan membuka misi ke bulan oleh negara lainnya.

Modi pun mendeklarasikan tanggal 23 Agustus sebagai Hari Antariksa Nasional sebagai bentuk penghormatan pendaratan soft landing Chandrayaan-3 di Bulan.

Chandrayaan-3 telah mendarat di hampir 70 derajat lintang selatan, misi pertama yang mendarat di Kutub Selatan Bulan yang sangat menarik.

Ketertarikan badan antariksa terhadap wilayah tersebut disebabkan oleh adanya kawah yang tertutup secara permanen tempat keberadaan es cair terdeteksi dari orbit.

Karena kemiringan Bulan yang kecil, kutub memiliki perangkap dingin yang tidak pernah dijangkau cahaya, dan 60% di antaranya ditemukan di luar garis lintang 80 derajat di Kutub Selatan.

Inilah salah satu alasan misi Artemis 3 NASA bertujuan untuk mendaratkan manusia di sana dalam waktu beberapa tahun, namun tampaknya India akan mendapat kesempatan untuk menjelajahinya terlebih dahulu.

Adapun, untuk melancarkan misi Chandrayaan-3, India setidaknya merogoh kocek sebesar 6 miliar Rupee atau setara USD 73 juta (Rp 1,1 triliun).



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Ongkos ke Bulan Cuma Rp 1,1 T, Industri Antariksa India Siap Meroket"