Hagia Sophia

28 August 2023

Ini Makanan Warga Okinawa Jepang yang Hidup Hingga 100 Tahun atau Lebih

Lansia di Jepang bisa hidup sampai 100 tahun. (Foto: REUTERS/Issei Kato)

Okinawa, Jepang dikenal sebagai salah satu wilayah yang warganya paling panjang umur. Okinawa menjadi salah satu wilayah dengan jumlah centenarian terbanyak di dunia. Centernarian adalah orang yang hidup dengan usia 100 tahun atau lebih.

Rupanya masyarakat Okinawa memiliki rahasia tersendiri untuk bisa hidup dengan usia yang panjang. Salah satunya adalah melalui makanan yang dikonsumsi. Banyak dari mereka mengonsumsi tumbuhan, sayuran, dan daun-daunan yang kaya akan nutrisi.

Adapun salah satu makanan yang menjadi favorit dan rahasia panjang umur warga Okinawa adalah ubi jalar ungu yang mereka sebut dengan beni imo. Sumber karbohidrat kompleks itu mengandung banyak serat dan juga antioksidan.

Pengajar masak asal Okinawa Yukie Miyaguni menyoroti berbagai jenis makanan lain yang juga dikonsumsi warga. Makanan sehat dan utuh secara alami dapat mencegah penyakit seperti kanker, jantung, dan diabetes. Berikut ini adalah beberapa makanan rahasia panjang umur warga Okinawa dikutip dari Insider:

Daun Murbei

Miyaguni mengatakan murbei sangat baik untuk meredakan sakit tenggorokan. Dalam sebuah studi, daun murbei yang kaya akan nutrisi ini dapat melawan peradangan, mengatur gula darah, dan kolesterol.

Sup Tinta Cumi

Sup dengan kaldu gurih ini mengandung enzim, asam amino, dan hormon yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan tekanan darah. Miyaguni mengatakan bahwa makanan ini baik untuk 'detoksifikasi'.

Rumput Laut Asa

Rumput laut memiliki banyak sekali kandungan bergizi seperti yodium dan antioksidan yang dapat menjaga sel tubuh tetap sehat. Warga Okinawa banyak mengonsumsi jenis makanan ini untuk mendinginkan tubuh di cuaca panas.

Mugwort

Tanaman mugwort memiliki rasa yang cendrung pahit. Tanaman ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Goya

Labu pahit Jepang yang juga disebut dengan Goya merupakan salah satu makanan favorit warga Okinawa, khususnya untuk tumis-tumisan. Goya kaya akan senyawa yang dapat membantu menurunkan gula darah dan mencegah penyakit diabetes.

Tahu Okinawa

Tahu sangat baik untuk kesehatan jantung dan membantu menurunkan kolesterol. Tahu Okinawa memiliki lebih banyak protein dan lemak sehat dibandingkan dengan jenis tahu lainnya. Kedelai tahu Okinawa diperas mentah, sebelum direbus, bukan setelahnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Makanan ala Warga Okinawa Jepang yang Umurnya Bisa Capai 100 Tahun"