Hagia Sophia

28 August 2023

Wanita Ini Berhasil Melahirkan Anak Melalui Transplantasi Rahim

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/ossyugioh)

Seorang wanita di Alabama, Amerika Serikat berhasil melahirkan anak melalui transplantasi rahim tahun ini. Bayi yang dilahirkan berjenis kelamin laki-laki.

Wanita bernama Mallory tersebut melahirkan pada Mei 2023, melalui transplantasi rahim di Universitas Alabama, RS Birmingham.

Ketika remaja, Mallory mengetahui bahwa ia lahir tanpa rahim karena kondisi yang dialaminya disebut sindrom Mayer-Rokitansky-Küster-Hauser.

"Saya telah menyadari bahwa, oke, saya tidak akan mampu mengandung anak saya sendiri. Tapi bagi saya, itu selalu terasa seperti ada yang kurang," ucap Mallory dikutip dari USA Today, Minggu (27/8/2023).

Direktur Vascularized Composite Allotransplantation di Institut Transplantasi Komprehensif UAB, Paige Porret mengatakan bahwa persalinan tersebut merupakan tonggak sejarah luar biasa untuk dunia medis. Ia mengatakan bahwa capaian tersebut akan memberi banyak pilihan pada ibu untuk memiliki anak.

"Kami berkomitmen menghadirkan terapi baru ini kepada pasien yang membutuhkan, menjadikannya mudah diakses, aman, dan sesederhana mungkin bagi perempuan yang tidak memiliki pilihan untuk melahirkan anak dalam kandungan mereka sendiri," ucap Porret.

Adapun tiga transplantasi rahim lainnya juga telah dilakukan di Amerika Serikat. Masing-masing dilakukan dengan uji penelitian klinis.

Lima persen wanita usia produktif di seluruh dunia menghadapi masalah infertilitas karena faktor rahim. Infertilitas yang disebabkan oleh faktor rahim dapat terjadi ketika seseorang dilahirkan tanpa rahim atau ketika rahimnya diangkat melalui operasi histerektomi.

Sebelumnya, Mallory mendapatkan anak pertama melalui ibu pengganti yang dilakukan oleh saudara perempuannya. Namun, ia sadar bahwa kembali meminta saudarinya untuk hamil lagi dapat berbahaya. Oleh karena itu, Mallory menjalani prosedur transplantasi rahim.

"Ada banyak cara berbeda untuk menumbuhkan keluarga jika Anda memiliki infertilitas faktor rahim, tapi ini (transplantasi rahim) adalah apa yang saya rasa saya tahu bahwa saya harus melakukannya," pungkas Mallory.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kisah Wanita yang Berhasil Punya Anak dari Rahim Transplantasi"