Hagia Sophia

21 September 2023

Cara Hilangkan Biduran dengan Cepat dan Alami

Foto: Getty Images/iStockphoto/Kwangmoozaa

Pernahkah tanpa detikers sadari tiba-tiba muncul bentol kemerahan yang terasa gatal pada kulit? Kemungkinan kamu mengalami kondisi biduran atau urtikaria.

Dilansir situs Medical News Today, biduran adalah ruam kulit berwarna kemerahan yang disertai rasa gatal. Kondisi ini dapat terjadi di bagian tubuh mana saja dan bentol biduran kadang dapat terasa menonjol pada kulit.

Biduran lebih sering terjadi pada anak-anak dan wanita dewasa. Pemicu dan penyebab biduran bisa berbeda-beda pada tiap orangnya. Tapi, kondisi ini umumnya dapat disebabkan oleh; reaksi alergi makanan, gigitan serangga, infeksi, obat-obatan tertentu, paparan sinar matahari, suhu dingin, stres, hingga reaksi terhadap bahan pengawet.

Biasanya biduran akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam tanpa pengobatan. Namun, sebagian detikers mungkin tidak tahan dengan sensasi gatal yang muncul sehingga ingin segera mengatasinya.

Lantas, adakah cara menghilangkan biduran dengan cepat? Baca artikel ini sampai selesai untuk cari tahu jawabannya.

Cara Mengatasi Biduran dengan Cepat Secara Alami

Ada sejumlah pengobatan rumah efektif yang bisa dilakukan untuk menenangkan biduran dengan gatal-gatal ringan. Berikut caranya:

1. Gunakan Kompres Dingin
Kompres menggunakan air dingin pada area kulit biduran menjadi cara pertama yang dapat dilakukan. Ini karena es bisa membuat kulit mati rasa sehingga rasa gatal akan reda sementara.

Untuk melakukan cara ini, siapkan air dingin atau es batu beserta kain atau handuk. Kemudian bungkus es di dalam kain atau celupkan handuk dalam air dingin. Lalu kompres ruam biduran selama 5-10 menit. Jangan mengoleskan es atau kompres es langsung ke kulit karena dapat menyebabkan iritasi kulit lebih lanjut.

Namun jika biduran detikers dipicu oleh suhu dingin, maka hindari cara ini lantaran dapat memperburuk kondisi dan gejala yang ditimbulkan.

2. Mandi dengan Larutan Anti Gatal
Untuk meredakan sensasi gatal yang muncul pada biduran, kamu juga bisa mandi dengan larutan anti gatal seperti soda kue. Detikers dapat menambahkan satu atau dua genggam soda kue ke dalam air bak dan mandi menggunakan air tersebut.

3. Oleskan Lidah Buaya
Lidah buaya atau aloe vera disebutkan mampu bantu tenangkan dan kurangi gatal-gatal pada kulit. Karenanya, detikers bisa oleskan gel aloe vera asli ke area biduran, Tapi, sebaiknya lakukan uji coba pada area kulit lain sebelum memakai bahan ini lantaran sebagian orang mungkin tidak cocok.

4. Berendam dengan Oatmeal
Selain mandi, kamu juga bisa berendam atau merendamkan area biduran dalam campuran air dan oatmeal koloid. Ini dikatakan mampu atasi sensai gatal yang ditimbulkan kondisi ini.

5. Hindari Bahan yang Mengiritasi Kulit
Kandungan bahan tertentu bisa membuat kulit kering dan menyebabkan rasa gatal berlebih. Oleh sebab itu, detikers perlu hindari produk sabun, pelembab, atau losion yang mengandung bahan iritan. Pilihlah formula produk khusus untuk kulit sensitif.

6. Hindari Menggaruk Area Biduran
Jika kamu mengalami biduran maka jangan menggaruk area kulit yang gatal. Ini karena garukan dapat memperburuk kondisi dan rasa gatal yang timbul.

7. Kenakan Pakaian Longgar
Ada baiknya detikers menggunakan pakaian berbahan katun yang longgar dan ringan. Ini karena sentuhan menggosok pada kulit biduran bisa merangsang gatal-gatal yang berlebih.

8. Hindari Konsumsi Alkohol dan Kafein
Konsumsi minuman beralkohol dapat memperburuk sensasi gatal yang muncul pada kondisi ini. Karenanya, hindari faktor pemicu biduran menjadi lebih parah dengan tidak meminum alkohol dan kafein.

9. Hindari Paparan Matahari Langsung
Beberapa kasus biduran dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari. Sebisanya hindari duduk atau berdiam di bawah matahari langsung supaya tidak memperburuk kondisi. Selain itu, jaga suhu rumah atau ruangan agar tetap sejuk.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "9 Cara Menghilangkan Biduran dengan Cepat Secara Alami dan Tanpa Obat"