Hagia Sophia

21 September 2023

Berbagai Fakta Terkait Kematian Atlet Angkat Beban Tewas Tertimpa Barbel

Ilustrasi. (Foto: iStock)

Kejadian atlet angkat beban yang meninggal karena tertimpa barbel kembali terjadi. Kali ini menimpa seorang atlet angkat beban senior asal Wales.

Seorang atlet angkat besi tewas ketika barbel yang ia angkat jatuh dan menimpa lehernya. Carl Hughes (61) ditemukan terjebak di bawah barbel seberat 60 kg ketika mencoba melakukan bench press sendiri tanpa pengawasan di kamar tidurnya di Rhos-on-Sea, Wales.

Ditemukan oleh Tetangga yang Curiga

Dikutip dari Daily Mail, jasad Carl pertama kali ditemukan pada 9 September oleh salah satu tetangganya yang bernama Gill Embleton. Dalam laporan yang ada, barbel tersebut menjatuhi lehernya dan membuatnya tercekik.

Gill awalnya mengaku khawatir karena Carl tidak mengambil koran paginya di kompleks apartemen. Ia lantas mencoba untuk memeriksa kamar Carl. Ketika ditemukan, Carl dalam keadaan terbaring di bangku angkat beban dengan ditemukan barbel di lehernya.

Diduga Alami Asfiksia

Ahli patologi Dr Zain Mehdi mengatakan bahwa penyebab kematian sementara Carl diduga terjadi akibat asfiksia. Asfiksia merupakan gangguan sistem pernapasan yang diakibatkan oleh rendahnya kadar oksigen di dalam tubuh. Carl diduga mengalami asfiksia karena kompresi leher dengan palang barbel.

Saat ini sampel telah dikirim untuk tes toksikologi. Tes tersebut dilakukan untuk memeriksa apakah ada kandungan zat tertentu di dalam tubuh atlet angkat besi tersebut.

"Saya sedang pergi untuk berlibur ketika hal tersebut terjadi. Saya mendengar dia ditemukan di rumah," ujar salah satu tetangganya, Albert Kirk yang mengaku sangat terkejut dengan kejadian tersebut.

"Saya hanya tahu dia bisa disapa ketika melihatnya keluar dari apartemen atau saat masuk. Dia seorang yang menyendiri," tambahnya.

Bukan Kejadian Pertama

Pada 3 Juli 2023, seorang warga Zhenping, Henan, China meninggal dunia setelah lehernya tertimpa barbel dengan berat lebih dari 100 kilogram. Pria bernama Xiao Hao tersebut tewas setelah mencoba bench press 120 kilogram tanpa pengawasan. Barbel yang ia angkat jatuh dan berguling dari dada hingga ke lehernya.

Selain itu, binaragawan asal Indonesia bernama Justyn Vicky juga sempat mengalami hal serupa. Ia meninggal dunia setelah gagal melakukan squat dengan barbel 210 kg bersama seorang pendamping.

Ketika mencoba melakukan squat, ia tidak mampu berdiri tegak dan akhirnya jatuh dengan posisi duduk. Barbel tersebut akhirnya menimpa bagian pundak dan berlanjut ke leher dan kepala Justyn.

Ia sempat menjalani operasi dan dirawat selama beberapa hari di rumah sakit, namun nyawa Justyn akhirnya tidak tertolong.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Fakta-fakta Kematian Atlet Angkat Beban yang Tewas Tercekik Barbel 60 Kg"