Hagia Sophia

21 September 2023

Liga Champions: Arsenal Taklukan PSV Eindhoven 4-0

Foto: Kin Cheung/AP

Arsenal menggilas PSV Eindhoven dalam laga perdana Grup B Liga Champions 2023/2024. Meriam London tampil menyalak dan menang 4-0 di kandang.

Bermain di Emirates Stadium, London, Kamis (21/9/2023) dini hari WIB, Arsenal langsung unggul tiga gol di babak pertama. Masing-masing gol dicetak Bukayo Saka di menit ke-7, Leandro Trossard (20'), dan Gabriel Jesus (38').

Di babak kedua, satu gol bisa ditambah Arsenal lewat Martin Odegaard. Skor 4-0 bertahan sampai laga bubar.

Hasil ini membuat Arsenal langsung memimpin Grup B Liga Champions dengan tiga poin, unggul atas Lens dan Sevilla, yang bermain imbang 1-1 di saat bersamaan. PSV langsung menjadi juru kunci di matchday pertama dengan nirpoin.

Jalannya Pertandingan

PSV coba mengambil inisiatif serangan. Tekanan sempat dilancarkan Noa Lang dan Luuk de Jong di awal laga, namun upayanya belum membuahkan hasil.

Arsenal meresponsnya dengan cepat. Setelah bisa mengontrol situasi, tuan rumah langsung bikin gol di menit ke-7.

Bukayo Saka yang mencatatkan namanya di papan skor. Winger asal Inggris melepaskan sepakan kaki kanan jarak dekat, yang tak mampu dibendung kiper PSV, walter Benitez. Gol, Arsenal unggul 1-0.

PSV coba membalas dengan balik menekan. Johan Bakayoko sempat menebar ancaman, namun upayanya bisa diredam dengan baik David Raya.

Namun, malah Arsenal yang kembali mendapatkan gol. Di menit ke-20, Leandro Trossard mencatatkan namanya di papan skor, usai meneruskan umpan Bukayo Saka. Skor menjadi 2-0.

Tekanan Arsenal belum reda, yang juga coba dibalas PSV. Jual beli serangan terjadi, namun penyelesaian buruk wakil Belanda membuat gol yang dicari tak kunjung datang.

Arsenal kemudian bisa mendapatkan gol ketiganya. Gabriel Jesus bisa memperbesar keunggulan menjadi 3-0 atas PSV Eindhoven pada menit ke-38, usai memanfaatkan umpan Trossard. Skor bertahan hingga jeda.

Babak kedua berjalan, PSV coba menekan tuan rumah lagi. Arsenal, yang mengganti beberapa pemainnya, sedikit menurunkan temponya.

Bermain sabar membuat Arsenal kemudian mendapat gol keempatnya. Martin Odegaard bisa menggenapkan keunggulan Arsenal menjadi 4-0 di menit ke-70, setelah mendapatkan umpan Reiss Nelson.

Empat gol cukup bagi Arsenal meruntuhkan mental PSV. Tim Eredivisie itu kesulitan mengembangkan permainan lagi, dan akhirnya harus puas kalah 0-4 di Emirates Stadium.

Susunan Pemain

Arsenal: David Raya, Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko (Takehiro Tomiyasu 58'), Martin Odegaard, Declan Rice (Jorginho 76'), Kai Havertz, Bukayo Saka (Fabio Vieira 69'), Leandro Trossard (Reiss Nelson 58'), Gabriel Jesus (Emile Smith-Rowe 69')

PSV Eindhoven: Walter Benitez, Sergino Dest, Olivier Boscagli, Armel Bella-Kotchap (Andre Ramalho Silva 76'), Jordan Teze, Joey Veerman, Jerdy Schouten, Ismael Saibari (Malik Tillman 66'), Noa Lang (Yorbe Vertessen 77'), Johan Bakayoko (Hirving Lozano 66'), Luuk de Jong (Ricardo Pepi 90')




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Arsenal Vs PSV Eindhoven: Pesta Gol, Meriam London Menang 4-0"