Hagia Sophia

16 November 2023

Muncul Kista Usai Perawatan Kecantikan, Rachel Vennya Akan Operasi Disekitar Mata

Foto: Instagram @rachelvennya

Selebgram Rachel Vennya baru-baru ini mengaku memiliki kista di bagian bawah mata atau kelopak matanya. Meski kondisinya tidak terbilang serius, Rachel menyebut kista tersebut cukup mengganggu.

Dalam waktu dekat, dirinya akan melakukan operasi kecil untuk pengangkatan kista di bagian bawah mata.

"Guys WML yaa mingdep aku mau operasi mata karena treatment aku yang waktu itu membuahkan kista di bawah mata," tuturnya Rachel di Instagram Storynya, seperti dilihat detikcom Senin (13/11/2023).

Rachel menyebut pemicu kista di bawah matanya dikarenakan perawatan kecantikan bernama buccal fat. Prosedur ini umum dilakukan untuk mengangkat lemak di area yang diinginkan, termasuk kelopak mata.

Dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, buccal fat merupakan kumpulan lemak di tengah pipi yang terletak di antara otot-otot wajah. Setiap orang memiliki bantalan lemak di pipi bervariasi sehingga mempengaruhi bentuk wajahnya.

Ada sejumlah indikasi yang perlu diperhatikan sebelum melakukan operasi pengangkatan buccal fat yakni pasien dipastikan dalam kesehatan fisik yang baik. Selain itu, tanda vital yaitu tekanan darah dan penyakit penyerta lain dipastikan tidak mengganggu prosedur tindakan sehingga meminimalisir komplikasi yang mungkin terjadi pasca operasi.

Tidak merokok. Minimal 2-3 minggu sebelum dan sesudah prosedur untuk mengoptimalkan proses penyembuhan luka bekas operasi.

Pasien tidak disarankan untuk mengikuti prosedur tersebut jika mengalami beberapa kondisi berikut:

Mengalami atrofi hemifasial progresif (sindrom Parry-Romberg). Kelainan langka ini menyebabkan kulit di satu sisi wajah mengecil. Ini diketahui mempengaruhi bantalan buccal fat.

Kondisi fisik dan medis yang tidak memungkinkan. Kondisi fisik untuk menjalani tindakan ini haruslah optimal. Kelainan pembekuan darah akibat konsumsi obat-obatan pengencer darah perlu dikoreksi sebelum tindakan.

Apa Itu Kista di Bawah Mata?

Kondisi ini juga dikenal dengan kalazion. Umumnya dipicu peradangan yang terjadi pada kelenjar minyak (meibom) di kelopak mata. Pasalnya, kelenjar meibom digunakan mata sebagai pelumas yang dibutuhkan untuk melembapkan dan melindungi mata. Peradangan yang terjadi pada kelenjar meibom menjadi pemicu pelumas yang dihasilkan mengental kemudian terjadi sumbatan pada saluran kelenjar meibom. Sumbatan infeksi juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Faktor Risiko

Selain disebabkan oleh penyumbatan atau infeksi, beberapa faktor risiko bisa menyebabkan terkena kalazion, di antaranya:
  • Mengidap penyakit kulit seperti dermatitis seboroik atau jerawat rosacea.
  • Mengalami kalazion pada sebelumnya
  • Mengidap tuberkulosis
  • Mengalami peradangan pada kelopak mata




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Rachel Vennya Operasi Mata, Sebut Muncul Kista usai Perawatan Kecantikan"