Hagia Sophia

10 December 2023

Bundesliga: Eintracht Frankfurt Kalahkan Bayern Munich 5-1

Bayern Munich tumbang di markas Eintracht Frankfurt dengan skor telak 1-5. (Foto: REUTERS/KAI PFAFFENBACH)

Bayern Munich dipaksa menelan pil pahit saat bertandang ke markas Eintracht Frankfurt. Bayern secara mengejutkan tumbang dengan skor telak 1-5.

Duel Eintracht Frankfurt vs Bayern Munich dilangsungkan di Stadion Deutsche Bank Park pada Sabtu (9/12/2023) malam WIB. Bayern sudah tertinggal 1-3 saat paruh laga.

Junior Dina Ebimbe mencetak dua gol bagi Eintracht Frankfurt yang terlahir di masing-masing babak. Tiga gol tuan rumah lainnya diciptakan Omar Marmoush, Hugo Larsson, dan Ansgar Knauff. Sementara itu satu-satunya gol balasan Bayern dicetak Joshua Kimmich.

Kekalahan ini menggagalkan Bayern ke puncak klasemen Liga Jerman. Die Roten masih di peringkat kedua usai mengoleksi 32 poin dari 13 pertandingan, terpaut tiga poin dari Bayer Leverkusen di puncak, yang baru bertanding Minggu (10/12). Di sisi lain, Eintracht Frankfurt bergeming di posisi tujuh dengan 21 poin.

Jalannya Pertandingan

Eintracht Frankfurt menciptakan start kencang. Frankfurt mengambil inisiatif serangan setelah sepakan Ansgar Knauff bersarang di sisi luar jala gawang Bayern. Setelahnya sundulan Eric-Junior Dina Ebimbe disapu Dayot Upamecano.

Frankfurt memecah kebuntuan. Di menit ke-12, Omar Marmoush menciptakan gol pembuka tim tuan rumah untuk memimpin 1-0 atas Bayern Munich.

Noussair Mazroui melakukan kesalahan dalam menghalau crossing. Bola kemudian diteruskan Knauff dengan sepakan yang mengenai mistar gawang. Bola rebound jatuh di jalur Marmoush lalu diselesaikan dengan sepakan ke sudut bawah gawang Bayern.

Harry Kane membuang sebuah peluang bagus di menit ke-24. Umpan silang Leon Goretzka diterima Kane di dalam kotak penalti. Namun, sepakan kaki kanannya ke arah tiang jauh melenceng.

Eintracht Frankfurt memperbesar keunggulan atas Bayern. Ebimbe menciptakan gol kedua Frankfurt untuk mengubah skor menjadi 2-0 di menit ke-31.

Umpan panjang Robin Koch diterima Knauf, lalu dia mengalahkan penjagaan Kim Min-jae sebelum menyodorkan kepada Ebimbe di tepi kotak penalti. Ebimbe menggiring bola ke sisi kiri, lalu melakukan penyelesaian di tiang dekat.

Hanya lima menit berselang, gawang Bayern Munich bobol untuk keliga kalinya. Hugo Larsson menambah keunggulan Eintracht Frankfurt 3-0!

Operan Joshua Kimmich dipotong, bola kemudian dikuasai Marmoush. Di tepi kotak penalti, umpan mendatar Marmoush dituntaskan Larsson dengan sepakan kaki kiri ke arah tiang jauh.

Jelang turun minum, Bayern Munich memperkecil ketinggalan. Joshua Kimmich mencetak gol balasan Bayern sehingga skor kini 1-3.

Leroy Sane berdiri bebas di depan area D, lalu melepaskan umpan pendek kepada Kimmich. Pemain yang disebut terakhir menuntaskan dengan tembakan kaki kanan ke sudut atas, Kevin Trapp tak berdaya menghentikan laju bola.

Eintracht Frankfurt mengejutkan Bayern di awal babak kedua. Ebimbe menciptakan gol keduanya untuk memperbesar keunggulan Eintracht 4-1 di menit ke-50.

Tendangan Dayot Upamecano diblok, lalu bola dikuasai Fares Chaibi yang menyisir sayap kiri lapangan. Chaibi mengakhiri dengan umpan pendek dari tepi kotak penalti, lalu dituntaskan Ebimbe dengan tembakan kaki kiri.

Sepuluh menit kemudian, Manuel Neuer dipaksa memungut bola dari gawangnya sendiri untuk kali kelima. Knauff membawa Eintracht Frankfurt unggul 5-1.

Eintracht melakukan kerja sama apik di sisi kanan depan kotak penalti. Mario Goetze melepaskan umpan terobosan lalu diselesaikan Knaufd dengan sontekan kaki kanan.

Susunan Pemain

Eintracht Frankfurt: Trapp, Aurelio Buta (Baum 89'), Koch, Tuta, Pacho, Goetze, Dina Ebimbe (Nkounkou 76'), Chaibi (Ngankam 88'), Larsson, Omar Marmoush (Hasebe 81), Knauff (Hauge 82')

Bayern Munich: Neuer, Mazroui (Laimer 46'), Upamecano, Davies, Kim Min-jae, Goretzka, Kimmich, Coman (Gnabry 66'), Sane, Choupo-Moting (Mueller 66'), Kane




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Eintracht Frankfurt Vs Bayern Munich: Die Roten Dipermak 1-5!"