Hagia Sophia

10 December 2023

Beberapa Ciri Bila Ginjal Sudah Kronis

Ilustrasi sakit ginjal. Foto: Shutterstock

Ciri-ciri sakit ginjal mungkin sering diabaikan orang kebanyakan orang. Terlebih jika penurunan fungsi ginjal masih dalam tahap awal, mungkin tidak ada gejala yang terasa berarti.

Namun ketika sakit ginjal sudah kronis atau parah, maka akan muncul ciri-ciri yang cukup signifikan. Saat merasakan gejala berikut ini, maka Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Ciri-ciri Sakit Ginjal Kronis

Berikut ini ciri-ciri sakit ginjal kronis yang dirangkum dari situs NHS dan Mayo Clinic:

1. Susah Tidur
Susah tidur bisa terjadi karena adanya sisa racun yang tidak tersaring oleh ginjal, sehingga mengendap dan mempengaruhi kualitas tidur. Selain itu, penyakit ginjal juga dikaitkan dengan sleep apnea, yaitu gangguan tidur yang sering dialami akibat pernapasan yang terhenti sejenak.

2. Sering Kelelahan
Jika Anda sering merasa lemah atau kelelahan tanpa sebab, itu adalah salah satu ciri-ciri sakit ginjal. Kelelahan diakibatkan penurunan fungsi ginjal akibat penumpukan racun dan kotoran dalam darah.

Kondisi lain yang sering berkaitan dengan penyakit ginjal adalah anemia. Jika jumlah sel darah merah tak cukup diedarkan ke seluruh tubuh, maka otak sulit fokus dan berkonsentrasi.

3. Kaki Bengkak
Penurunan fungsi ginjal juga bisa mengakibatkan kaki bengkak. Ini diakibatkan retensi natrium di sistem peredaran darah. Akibatnya, area sekitar pergelangan kaki membengkak.

4. Urine Merah
Semakin kuning urine, maka tandanya Anda tidak sehat. Ketika sakit ginjal, urine mungkin menjadi kuning tua, bahkan berwarna merah dan berbusa.

Hal ini terjadi karena ginjal tak mampu menyaring racun. Sel-sel darah pun bisa bocor hingga masuk ke urine.

5. Kulit Kering dan Gatal
Ginjal memiliki peran penting dan berkaitan dengan organ-organ lain pada tubuh, termasuk kulit.

Ginjal yang sakit akan menyebabkan darah tidak cukup nutrisi dan mineral seimbang. Ini bisa berpengaruh pada kulit yang menjadi kering dan gatal.

6. Kram Otot
Gangguan fungsi ginjal juga mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit. Elektrolit adalah gabungan senyawa garam dan mineral dalam darah yang dapat melakukan impuls listrik dalam tubuh.

Ketika kalsium rendah dan fosfor tidak terkontrol, maka tidak dapat menghasilkan senyawa elektrolit. Ini berpotensi menyebabkan kram otot.

7. Disfungsi Ereksi
Pada pria, ginjal yang rusak bisa menyebabkan disfungsi ereksi karena terlalu sering ingin buang air kecil.

Hal ini mengakibatkan mereka tidak dapat mempertahankan ereksi saat berhubungan intim. Hasrat seksual mereka pun lama-lama menurun.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Ciri-ciri Sakit Ginjal Sudah Kronis tapi Sering Diabaikan"