Hagia Sophia

10 December 2023

Ini yang Membuat Gigi Geraham Mudah Berlubang

Foto: Thinkstock

Di antara jenis gigi-gigi lainnya, gigi geraham merupakan salah satu gigi yang paling mudah berlubang. Maka dari itu, banyak pasien yang mengalami kasus gigi bolong di geraham.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan gigi geraham mudah berlubang. Namun jangan khawatir, karena kamu dapat mencegah gigi berlubang dengan mudah.

Lantas, apa penyebab gigi geraham mudah berlubang? Lalu bagaimana cara mencegahnya? Simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

Penyebab Gigi Geraham Mudah Berlubang

Gigi geraham adalah gigi yang punya ukuran besar dan kuat yang terletak di bagian belakang. Gigi geraham berfungsi untuk mengunyah dan menghancurkan makanan agar bisa ditelan.

Walau merupakan gigi yang kuat, namun ternyata gigi geraham termasuk gigi yang mudah berlubang. Dilansir situs Mayo Clinic, berikut penyebab gigi geraham mudah bolong:

1. Bentuk Gigi Geraham
Sebagai informasi, gigi geraham memiliki banyak lekukan. Hal ini menyebabkan sisa-sisa makanan sering tertinggal dan terselip di gigi geraham. Apabila detikers jarang sikat gigi, maka sisa-sisa makanan yang mengandung bakteri tersebut dapat membuat gigi geraham jadi mudah bolong.

2. Letak Gigi
Letak gigi geraham yang berada di bagian belakang juga menjadi salah satu penyebab gigi mudah berlubang. Hal ini membuatmu cukup kesulitan membersihkan gigi dengan bersih.

Karena kurang bersih, hal ini menyebabkan sisa-sisa makanan jadi terselip di gigi geraham. Nah, hal itulah yang membuat gigi geraham jadi lebih mudah berlubang.

3. Kurang Bersih Saat Menyikat Gigi
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gigi geraham cukup sulit untuk dibersihkan dengan sikat gigi. Oleh sebab itu, detikers perlu membersihkan gigi dengan benar dan sampai bersih. Jika tidak, maka siap-siap bakteri dapat menempel di sela-sela gigi geraham dan mengakibatkan gigi berlubang.

4. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Tertentu
Mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu juga dapat menyebabkan gigi geraham mudah berlubang. Adapun jenis-jenis makanan dan minuman yang membuat gigi rentan bolong, mulai dari susu, es krim, gula, minuman soda, permen, kue kering, hingga keripik.

Tips Mencegah Gigi Geraham Berlubang

Gigi geraham suatu waktu dapat berlubang karena tidak dibersihkan secara rutin. Tapi jangan khawatir, sebab ada sejumlah tips untuk mencegah gigi geraham berlubang, yakni sebagai berikut:
  • Menyikat gigi sebanyak dua kali sehari
  • Memilih pasta gigi yang mengandung fluoride karena kandungan tersebut dapat menguatkan gigi
  • Memilih sikat gigi yang tepat
  • Mengurangi makan dan minuman yang manis
  • Rutin melakukan pembersihan karang gigi (scaling gigi).




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kenapa Gigi Geraham Mudah Berlubang? Ini Sebabnya"