Hagia Sophia

10 December 2023

Kini Dengan Tes Darah Organ Tubuh yang Rusak Bisa Dideteksi

Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/kieferpix

Ilmuwan menemukan, kini tes darah sederhana dapat mendeteksi organ tubuh mana yang kemungkinan besar mengalami kerusakan lebih dulu di tubuh seseorang. Dengan begitu, seseorang dapat mendapatkan pengobatan sebelum penyakitnya benar-benar timbul, sehingga risiko kematian dapat ditekan.

Lewat penemuan tersebut, ilmuwan menyebut, dokter bisa memprediksi organ mana yang mengalami penuaan paling cepat. Hal ini merupakan kabar baik buat warga Inggris yang berusia 50 tahun ke atas. Sebab menurut jurnal yang diterbitkan dalam Nature, satu dari lima orang dalam kelompok usia tersebut mengalami penuaan organ yang sangat cepat.

Sepanjang penelitian, para ilmuwan mempelajari protein dalam darah 5.678 pasien dan menghubungkan kadar protein tersebut dengan organ tertentu. Mereka menandai semua protein yang gennya empat kali lebih aktif di satu organ dibandingkan dengan organ lain untuk memprediksi usia setiap organ.

"Ketika kami membandingkan usia biologis masing-masing organ ini untuk setiap individu dengan kelompok besar orang yang tidak memiliki penyakit parah, kami menemukan bahwa 18,4 persen dari mereka yang berusia 50 tahun atau lebih memiliki setidaknya satu organ yang menua secara signifikan lebih cepat daripada usia biologis mereka," kata Profesor Tony Wyss-Coray dari Stanford Medicine, California dikutip dari Mirror, Jumat (8/12/2023).

"Kami menemukan bahwa orang-orang ini mempunyai risiko tinggi terkena penyakit pada organ tertentu dalam 15 tahun ke depan," ujarnya lebih lanjut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang dengan penuaan jantung yang cepat memiliki risiko 2,5 kali lebih tinggi terkena gagal jantung dibandingkan orang dengan jantung yang menua secara normal.

Selain itu, orang-orang yang memiliki otak dengan usia biologis 'lebih tua' memiliki kemungkinan 1,8 kali lebih besar untuk mengalami penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer selama lima tahun dibandingkan mereka yang usia biologis otaknya lebih muda.

"Jika kita dapat mereproduksi temuan ini pada 50.000 atau 100.000 individu, itu berarti bahwa dengan memantau kesehatan organ individu pada orang yang tampak sehat, kita mungkin dapat menemukan organ yang mengalami percepatan penuaan pada tubuh manusia. , dan kami mungkin bisa mengobati orang sebelum mereka sakit," pungkas Prof Wyss-Coray.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ilmuwan Temukan Cara Deteksi Organ Tubuh yang Paling Cepat Menua"