Hagia Sophia

10 December 2023

Heboh... Jadikan Tawas Sebagai Deodoran, Amankah? Ini Kata Pakar

Ilustrasi tawas (Foto: iStock)

Baru-baru ini ramai soal tawas dijadikan untuk deodoran atau untuk mengatasi bau ketiak. Kondisi ini kerap kali bikin seseorang tak percaya diri alias minder. Terlebih, juga bisa mengganggu orang-orang yang ada di sekitarnya.

Tak ayal jika banyak orang mencari cara untuk menghilangkan bau ketiak, beberapa di antaranya ada yang menggunakan tawas sebagai solusinya. Lantas, aman nggak sih tawas dipakai untuk deodoran?

Dokter spesialis kulit Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra SpKK, SubspOBK, FINSDV, FAADV, menjelaskan, tawas adalah mineral alami yang dikenal memiliki sifat antiseptik dan antimikroba. Adapun fungsinya untuk membantu mengurangi bau badan dengan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau pada kulit.

"Mengenai penggunaan tawas sebagai deodorant, ini adalah praktik yang cukup umum," ujarnya saat dihubungi detikcom, Kamis (7/12/2023).

Secara umum, tawas dianggap aman untuk digunakan sebagai deodoran. Hal ini dikarenakan tawas tak mudah terserap ke dalam kulit. Efek samping yang ditimbulkan juga jarang terjadi.

Meski begitu, beberapa orang yang memiliki kulit sensitif kemungkinan bisa mengalami iritasi kulit.

"Terutama jika mereka memiliki kulit yang sensitif atau alergi terhadap aluminium, komponen utama tawas," lanjutnya lagi.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Tawas Dijadikan Deodoran, Aman Nggak Sih? Dokter Kulit Bilang Gini"