Hagia Sophia

14 February 2024

Ini Jadwal Supermoon di Tahun 2024, Bisa Diamati di Indonesia?

Ilustrasi fenomena Supermoon. Foto bulan: istock

Supermoon diprediksi akan muncul tiga kali selama tahun 2024 ini. Agar tak ketinggalan menyaksikan fenomena Supermoon, simak jadwal dan cara mengamati kemunculannya melalui paparan berikut.

Istilah Supermoon secara umum dapat diartikan sebagai fenomena yang terjadi ketika orbit bulan berada paling dekat (perigee) dengan bumi pada saat bulan purnama. Fenomena ini menarik untuk diketahui karena kemunculannya tidak terjadi setiap saat.

Bukan hanya itu, kemunculan Supermoon juga cenderung unik karena berbeda dari bulan purnama biasanya. Lantas kapan fenomena Supermoon 2024 akan terjadi? Agar memiliki acuan untuk melihat Supermoon 2024 di langit, simak jadwal dan cara mengamatinya berikut ini!

Apa Itu Supermoon?

Menghimpun informasi dari laman EarthSky, bulan purnama atau bulan baru adalah Supermoon ketika bulan tersebut juga berada dalam jarak 90 persen dari titik terdekatnya dengan bumi. Istilah Supermoon diciptakan oleh seorang astrolog bernama Richard Nolle pada tahun 1979 silam.

Lebih lanjut dijelaskan dalam laman resmi NASA bahwa istilah Supermoon menggambarkan apa yang para astronom sebut sebagai bulan purnama perigean atau bulan purnama yang terjadi di dekat atau pada saat bulan berada pada titik terdekatnya dalam orbitnya mengelilingi bumi.

Apa Perbedaan Supermoon dan Bulan Purnama Biasa?

Meskipun termasuk dalam fenomena bulan purnama, ternyata karakteristik Supermoon berbeda dengan Bulan purnama pada umumnya. Berdasarkan informasi yang dibagikan dalam laman Space, Bulan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dibanding biasanya.

Akan tetapi, untuk menemukan perbedaan tersebut tidak cukup hanya dilihat dengan mata telanjang saja. Menariknya, fenomena Supermoon baru akan terlihat sangat besar bagi wilayah yang letaknya sangat dekat dengan cakrawala.

Hal tersebut bukan karena terkait dengan ilmu astronomi, melainkan berhubungan erat pada cara kerja otak manusia. Supermoon yang terlihat seolah-olah lebih besar disebut sebagai efek "ilusi Bulan".

Sejumlah ilmuwan memberikan pendapatnya bahwa mungkin otak sedang membandingkan bulan dengan bangunan atau objek di dekatnya, atau mungkin otak kita hanya dirancang untuk memproses benda-benda di cakrawala yang lebih besar daripada benda-benda di langit.

Jadwal Supermoon 2024

Mengutip laman resmi Badan Riset dan Inovasi Indonesia (BRIN), Farahhati Mumtahana selaku peneliti Pusat Riset Antariksa, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN menyatakan bahwa akan terjadi tiga kali Supermoon di tahun 2024 ini. Adapun jadwal kemunculan Supermoon 2024 adalah sebagai berikut:
  • Rabu, 18 September 2024
  • Kamis, 17 Oktober 2024
  • Jumat, 15 November 2024

Apakah Supermoon 2024 Dapat Dilihat di Indonesia?

Sayangnya belum ada informasi resmi mengenai hal tersebut. Namun, terdapat sejumlah tips yang dapat dilakukan apabila Supermoon telah dipastikan dapat dilihat dari langit Indonesia.

Bagi siapapun yang ingin melihat fenomena Supermoon, NASA menyarankan untuk keluar dan melihat ke atas langit. Teleskop atau teropong menjadi pilihan terbaik jika ingin memperbesar tampilan Bulan dan memperjelas detail permukaannya.

Demikian tadi rangkuman informasi mengenai fenomena Supermoon yang diprediksi muncul pada tahun 2024 ini. Siap menantikan kemunculannya, detikers?


























Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Fenomena Supermoon Tahun 2024: Jadwal dan Cara Mengamatinya"