Hagia Sophia

20 March 2024

Benarkah Sariawan Akibat Kekurangan Vitamin C? Ini Faktanya

Benarkah kurang vitamin C bisa bikin sering sariawan? (Foto: Getty Images/iStockphoto/PhanuwatNandee)

Selain bau mulut, sariawan menjadi penyakit di bagian mulut yang sering dialami saat bulan puasa. Kurangnya cairan dan nutrisi saat berpuasa membuat seseorang rentan sariawan.

Namun, ada anggapan sariawan ini bisa muncul karena kekurangan vitamin C. Benarkah begitu?

drg Alana Aluditasari, SpKGA, menjelaskan sebenarnya seseorang yang sering sariawan tidak selalu karena kekurangan vitamin C. Sariawan ini penyebabnya banyak, mulai dari faktor keturunan, kondisi mulut yang kering, hingga kekurangan nutrisi.

"Pengetahuan kita sekarang kan sariawan itu kekurangan vitamin C, tapi sebenarnya nggak. Sebenarnya, sariawan itu bisa kekurangan vitamin lain, seperti vitamin B dan vitamin lainnya," jelasnya saat ditemui di sela media briefing di Jakarta Selatan, Senin (18/3/2024).

Menurutnya, rutin mengkonsumsi buah-buahan sangat diperbolehkan untuk melengkapi nutrisi harian. Tetapi, harus dipastikan juga kebutuhan vitamin dan nutrisi lainnya sudah seimbang.

"Karena sebenarnya sariawan itu bisa karena kekurangan zat besi, bisa karena kekurangan vitamin b. Jadi memang makanya kenapa makanan yang dikonsumsi itu harus seimbang, nggak harus selalu jeruk yang dimakan ya," ungkap drg Alana.

Bagaimana dengan makanan tertentu?

Menanggapi itu, drg Alana menjelaskan umumnya sariawan bukan dipengaruhi oleh makanan. Itu lebih rentan terjadi karena cedera akibat tergigit saat mengkonsumsi sesuatu.

"Ini lebih mekanisnya, bukan efek dari makanan yang menyebabkan lebih gampang sariawan. Misalnya sedang makan makanan yang keras, itu bisa membuat rawan kegigit pipi bagian dalam atau lidahnya," kata drg Alana.

"Selain itu bisa juga karena makanan yang terlalu keras seperti keripik atau tertusuk duri hingga melukai langit-langit atau dinding dalam mulut, jadi lebih ke mekanisnya," lanjutnya.

Menurutnya, saat seseorang kekurangan nutrisi dari makanan itu yang bisa memicu lebih gampang sariawan. Maka dari itu, drg Alana menyarankan untuk mengkonsumsi dengan nutrisi dan vitamin yang seimbang, makan secara perlahan jangan sampai kegigit, hindari makanan yang terlalu keras, menjaga kebersihan gigi dan mulut, serta sikat gigi secara perlahan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Benarkah Kurang Vitamin C Bikin Sering Sariawan? Dokter Ungkap Faktanya"