Hagia Sophia

05 March 2024

Dampak Positif Diet Vegan Terhadap Autoimun yang Diderita Cantika Abigail

Cantika Abigail saat menghadiri acara Hari Kanker Anak Internasional #BeraniGundul 2024. (Foto: Nayla Azalia Saparija/detikHealth)

Ada banyak alasan menjajal diet vegan. Musisi Cantika Abigail mengaku diet vegan memberikan dampak positif terhadap kondisi autoimun psoriasis yang diidapnya.

"Ciri-cirinya gatal kulit kepala sampe luka-luka, lama-lama gatal ke seluruh badan. Sempet dikira alergi sampe gonta-ganti dokter akhirnya ketahuan kalau aku kena autoimun psoriasis," jawabnya setelah selesai mengisi acara Hari Kanker Anak Internasional #BeraniGunadul 2024, di Jakarta Selatan, Minggu (3/3/2024).

Wanita kelahiran 1993 ini sempat mengalami skin shaming akibat dari adanya penyakit ini. Hingga saat ini, Cantika masih rutin menjalani pengobatan yang berfungsi untuk 'menidurkan' penyakit tersebut supaya tidak kambuh.

"Pengobatannya mulai dari minum obat secara oral, terus sekarang aku juga rutin suntik setiap bulan, puji Tuhan untuk obat suntiknya nggak ada efek samping buat aku," jelasnya.

Banyak hal yang dapat memicu kekambuhan autoimun. Berada di udara yang dingin, stres, mengkonsumsi diary product ataupun daging merah, serta alkohol dapat memicu autoimun kambuh kembali. Oleh karena itu, Cantika mencoba untuk menerapkan pola makan vegan atau menghindari mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan.

Pada awalnya, Cantika menerapkan vegan bukan untuk mencegah kambuhnya autoimun. Tetapi setelah manfaat yang ia rasakan, mengubah pola makan menjadi seorang vegan memiliki dampak signifikan terhadap autoimun yang diidapnya.

"Awalnya aku tuh nonton video penjagalan angsa, aku kasihan jadinya aku mencoba buat jadi vegan. Dan untuk psoriasis ternyata ada pantangan buat makan daging merah, jadi dengan pola makan vegan bisa menjadi solusinya," tuturnya.

Cantika beranggapan sejak ia mulai menerapkan pola makan vegan, dampak yang ia rasakan terhadap penyakitnya yakni badan menjadi lebih ringan secara pembawaan, bernyanyi di panggung lebih jadi enak, dan kulitnya jadi lebih calm down, tidak menimbulkan red flare.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cerita Cantika Abigail Lawan Psoriasis dengan Diet Vegan"