Hagia Sophia

05 March 2024

Ini Kata Vidi Aldiano Tentang Kanker Ginjal yang Diidapnya

Foto: Instagram @vidialdiano

Penyanyi Vidi Aldiano mengatakan jika kanker ginjal yang ia derita sejak 2019 merupakan 'titipan' Tuhan. Ia pun berusaha untuk menerima kondisinya serta terus berjuang dengan segala cara untuk dapat sembuh dari sel ganas tersebut.

"Mungkin banyak yang belum tahu bahwa tahun lalu, titipan Tuhan berupa kanker ini sudah menyebar ke beberapa titik, sehingga mengharuskan gue akhirnya punya appointment spa day ini tiap 3 minggu. Seiring waktu berjalan, I learn to make peace with my condition and be grateful for whatever God has given me throughout these years," tulis Vidi Aldiano di akun Instagram miliknya, dikutip Senin (4/3/2024).

Sejak didiagnosis memiliki kanker ginjal stadium 3 dan melakukan operasi di Singapura untuk mengangkat ginjal kirinya, Vidi terus berupaya untuk sembuh dari penyakit tersebut. Ia melakukan berbagai cara untuk bisa terlepas dari sel ganas yang hidup di tubuhnya tersebut. Mulai dari melewati 10 tes radiasi kanker, hingga terbang ke Thailand untuk melakukan detoks.

"Last day of detox in Koh Samui (Thailand). Nggak kerasa udah hampir satu setengah minggu menjalani program detox di pulau ini. Pertama kali nyobain 10 hari ga makan solid-food sama sekali, hanya minum oil, juice dan herbal drinks. Surprisingly nggak lapar dan lemas selama di sini," tutur Vidi.

Vidi berharap ikhtiar yang ia lakukan ini dapat memberikan hasil seperti yang diharapkan. Vidi pun memasrahkan semuanya kepada Tuhan terkait kesembuhannya dari kanker.

"Semoga ikhtiar ini bisa menjadikan badan gue lebih baik lagi saat pulang ke Indonesia, dan terus semangat melanjutkan 'spa day' di Jakarta nantinya. Mau apapun hasilnya, yang penting kita sebagai manusia berusaha sebisa kita, dan untuk apapun hasilnya, pasrahkan saja sama Tuhan yang Maha mengatur segala," sambung Vidi.

Program detoks ini juga membuat Vidi tidak mengonsumsi solid food, hanya meminum oil, jus, dan herbal drinks. Dirinya juga merasakan banyak perubahan drastis di tubuhnya seperti berat badannya yang turun. Meskipun sempat kehilangan rasa percaya diri, ia berusaha untuk bangkit dan menyelesaikan semua pengobatannya.

"Tapi ups-nya gue bersyukur bisa ketemu banyak orang hebat di tempat detox, banyak pejuang kanker, autoimun, dan banyak juga yang banyak berjuang sembuh di sana," tutupnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terus Berjuang Sembuh dari Kanker, Vidi Aldiano Sebut 'Titipan Tuhan'"