Hagia Sophia

05 March 2024

Waspadai...Kebiasaan Ini Bisa Picu Serangan Jantung yang Mematikan

Kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu serangan jantung. (Foto ilustrasi: Shutterstock)

Serangan jantung merupakan kondisi yang bisa menyebabkan kematian mendadak. Meski mematikan, tidak banyak orang yang sadar dengan gejala serangan jantung.

Spesialis jantung dan pembuluh darah konsultan intervensi, dr Adrianus Kosasih, SpJP(K) menjelaskan seseorang bisa mengalami serangan jantung tanpa disadari. Salah satu pemicu serangan jantung adalah kelelahan kronis. Hal ini disebutnya bisa terjadi pada petugas Pemilu.

"Seperti pada petugas KPPS itu karena kecapekan. Itu kebanyakan karena plaknya robek," kata dr Adrian pada temu media, Jumat (1/03/2024).

dr Adrian menjelaskan pada beberapa orang, serangan jantung bisa tidak menyebabkan rasa sakit sama sekali. Baru ketika dibawa ke rumah sakit dan diperiksa, terlihat ada riwayat serangan jantung.

"Pada orang yang mengalami serangan jantung, kondisinya bergantung pada sisa pompa jantungnya. Jika pompanya masih terhitung bagus, orangnya kadang nggak ada keluhan lagi," jelas dr Adrian.

"Kalau pompanya sudah jelek, itu jadinya bisa ke gagal jantung, gampang sesek, kaki bengkak. Namun, itu kondisi yang terjadi pada orang yang bisa survive," sambung dia.

Serangan jantung juga bisa menyebabkan kematian mendadak. Hal ini terjadi karena otot jantung yang kurang oksigen hingga timbul gangguan irama jantung.

"Nah itu yang sudden death. Orang yang kalau lagi olahraga tiba-tiba jatuh nggak bangun lagi. Itu serangan jantung dan gangguan iramanya yang bikin mati mendadak," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Picu Serangan Jantung, Awas Mematikan!"