Hagia Sophia

05 March 2024

Kisah Wanita Tangguh dalam Berjuang Hadapi Kanker

Foto: Instagram @febyfebiola_

Baru-baru ini, aktris sekaligus public figure Alice Norin mengungkapkan dirinya tengah berjuang melawan penyakit yang diidapnya, yaitu kanker sarkoma. Tak hanya Alice, sejumlah artis perempuan Tanah Air pun pernah punya cerita serupa dalam berjuang menghadapi kanker yang dideritanya.

Para artis perempuan ini mengidap jenis kanker yang berbeda, seperti kanker ovarium hingga kanker payudara. Meski mengaku sempat terpuruk, mereka membuktikan bisa menghadapi penyakit tersebut dengan tangguh. Berikut kisahnya:

1. Alice Norin

Dalam unggahan di Instagram pribadinya @alicenorin, Alice menceritakan perjuangannya menghadapi kanker sarkoma dalam beberapa bulan terakhir. Kanker sarkoma merupakan salah satu jenis kanker langka yang terdeteksi di otot rahim. Dilansir dari John Hopkins Medicine, jenis kanker ini akan muncul dengan rasa sakit yang cukup hebat di lokasi tempat kanker ini berkembang.

Untuk kasus Alice, mulanya ia kerap merasakan nyeri di perut kiri bagian bawah. Gejala inilah yang membuatnya sadar mengidap penyakit ganas. Setelah sempat melakukan pengecekan di Indonesia, pada awal Februari 2024 lalu ia berangkat ke Singapura untuk melakukan kontrol dan operasi.

Ia mengaku merasa tidak karuan karena rindu dengan anak-anaknya selama menjalani pengobatan di Singapura. Namun ia pun bersyukur operasi yang dijalani lancar tanpa ada penyebaran sel kanker dan tidak harus melalui pengangkatan rahim.

"The operation went well, semua berjalan lancar. Please do you regular check up dan ingat to always enjoy dan be happy. Hati bahagia adalah obat segalanya," ungkap Alice dalam unggahannya di akun @alicenorin.

Ia pun mengingatkan para pengikutnya untuk melakukan reguler check up demi deteksi dini, serta memperbanyak riset untuk mengetahui penangangan yang tepat. Khusus untuk perempuan, Alice pun menyarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan medis dan pap smear demi mencegah kanker pada serviks.

2. Feby Febiola

Pada 2020 lalu, Feby Febiola didiagnosa mengidap kanker ovarium stadium 1C. Dilansir dari Haibunda, perjalanan Feby melawan kanker menjadi salah satu hal yang tak pernah ia lupakan.

Awalnya ia merasakan ada yang aneh di perutnya hingga sempat mengira dirinya hamil. Namun ternyata, sel kanker lah yang bersarang di rahimnya hingga membuat Febry harus menjalani berbagai prosedur medis, termasuk kemoterapi. Bahkan Feby sampai pernah menggunduli rambutnya.

Tak hanya merasakan perubahan fisik, Feby juga mengaku mengalami efek psikologis dari sakit yang dideritanya. Meski begitu, ia berusaha bersikap tenang dan kini telah dinyatakan sembuh dari kanker.

"Aku memaknainya sebagai sesuatu yang dikasih Tuhan sama aku sebagai bekal di kemudian hari untuk membangun perspektif yang berbeda. Sekarang tuh kalau lihat sesuatu jadi lebih bersyukur, lebih mencintai diri sendiri," tuturnya.

3. Nunung

Dikenal sering mengundang gelak tawa sebagai salah satu komedian ternama, Nunung Srimulat pun pernah mengundang simpati dengan kisah harunya berjuang melawan kanker payudara setelah divonis pada Februari 2023. Bahkan, kanker yang dideritanya ini membuat Nunung harus menjalani operasi pengangkatan kanker payudara pada tahun 2023 lalu.

Pelawak bernama lengkap Tri Retno Prayudati ini pun menceritakan dirinya harus menjalani serangkaian proses kemoterapi. Bahkan ia sempat memamerkan kepalanya yang botak karena rambut yang rontok usai menjalani kemoterapi. Kendati begitu, ia mulai kembali aktif di dunia hiburan sejak akhir tahun lalu sembari menjaga pola hidupnya lebih sehat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Wanita Tangguh! Kisah Alice Norin, Feby Febiola & Nunung Hadapi Kanker"