Hagia Sophia

24 March 2024

Ini Kata Dokter Terkait Pengobatan yang Dijalani Kate Middleton

Kate Middleton (Foto: Paul Grover/Pool Photo via AP)

Dalam videonya tentang diagnosis kanker, Kate Middleton menyinggung Preventative Chemotherapy yang dijalaninya. Di kalangan dokter, ternyata lebih dikenal sebagai kemoterapi adjuvant.

"Mungkin maksudnya kemo adjuvant," kata konsultan hematologi dan onkologi medik dari RS Kanker Dharmais, dr Ronald A Hukom, SpPD, KHOM, saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/3/2024).

"Sesudah operasi angkat 'seluruh' tumor ganas (kanker), bila stadium sudah cukup tinggi (misalnya tumor besar) atau jenis sel tumor dengan risiko kambuh yang besar, maka diberikan kemoterapi ajuvan untuk membersihkan sel tumor sisa yang tak terlihat atau mikrometastasis," papar dr Ronald.

"Biasanya untuk hal ini diperlukan kerjasama dan diskusi team ahli multidisiplin yang baik," jelasnya lagi.

Kate Middleton menyinggung terapi tersebut saat mengungkap kondisinya yang tengah banyak diperbincangkan. Lewat pesan video, Kate mengaku didiagnosis kanker dan tengah menjalani tahap awal kemoterapi preventatif. Tidak disebutkan jenis kanker apa yang diidapnya.

Dr Katherine Van Loon, profesor onkologi pencernaan di University of California, San Francisco, menyiratkan bahwa 'preventative chemotherapy' sebenarnya bukan istilah yang lazim dipakai di kedokteran. Ia sendiri tidak terlibat dalam perawatan sakit Kate Middleton.

"Saya pikir kita sepakat bahwa maksud dia adalah chemotherapy adjuvant," katanya, dikutip dari The Times.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kate Middleton Jalani Preventative Chemotherapy, Dokter Sebutnya Adjuvant"