Hagia Sophia

24 March 2024

Kronologi Kesehatan Kate Middleton Sejak Awal 2024

Kate Middleton (Foto: Paul Grover/Pool Photo via AP)

Setelah berbulan-bulan beredar spekulasi tentang kesehatan Kate Middleton, Istana Kensington mengumumkan bahwa Princess of Wales sedang menjalani perawatan kanker. Kate ketahuan mengidap kanker pasca operasi perut.

"Operasinya berhasil, namun tes setelah operasi menemukan adanya kanker. Oleh karena itu, tim medis saya menyarankan agar saya menjalani kemoterapi preventif dan saya sekarang berada pada tahap awal pengobatan tersebut," kata Kate dalam video yang dipublikasikan di laman Instagram Prince and Princess of Wales dikutip Sabtu (23/3/2024).

Spekulasi kondisi kesehatan Princess of Wales menjadi perbincangan setelah dia tidak terlihat di publik pasca menjalani operasi perut. Sebelumnya, pihak Istana Kensington mengumumkan Kate tidak akan tampil di depan umum sampai bulan April, setelah Paskah. Pihak istana sebelumnya mengumumkan bahwa sang putri tidak menderita kanker.

Ini adalah pertama kalinya sang putri menyampaikan secara langsung apa yang menghalanginya dari tugas kerajaan beberapa bulan terakhir ini. Kate tidak merinci jenis kanker apa yang diidapnya.

Berikut kronologi kondisi kesehatan Kate Middleton sejak awal tahun 2024.

Januari 2024
Istana Kensington mengumumkan bahwa Kate telah menjalani "operasi perut yang direncanakan" pada 16 Januari. Dalam pernyataan yang dirilis keesokan harinya, Istana Kensington menyebut operasinya berhasil dan Kate diperkirakan menjalani perawatan selama 10-14 hari di rumah sakit.

Princess of Wales keluar dari Klinik London, sebuah rumah sakit swasta, pada 29 Januari, 13 hari setelah prosedur dilakukan. Istana mengatakan dalam pernyataan pada 29 Januari bahwa Princess of Wales telah kembali ke Windsor untuk melanjutkan pemulihannya dari operasi.

Februari 2024
William menarik diri dari menghadiri upacara peringatan ayah baptisnya karena "masalah pribadi". Dalam sebuah pernyataan kepada NBC News pada 27 Februari, pihak istana tidak menjelaskan alasan ketidakhadiran William namun mengatakan bahwa Kate "baik-baik saja."

Pada akhir bulan Februari, istana mengeluarkan pernyataan lain tentang kesembuhan Kate, menjelaskan bahwa ketidakhadirannya dari sorotan publik bukanlah suatu hal yang tidak terduga.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kronologi Kate Middleton Umumkan Kanker di Tengah Heboh Rumor soal Kesehatannya"