Hagia Sophia

24 March 2024

Mengenal Preventative Chemotherapy Seperti yang Dijalani Kate Middleton

Kate Middleton (Foto: Victoria Jones/PA via AP)

Kate Middleton baru saja bikin heboh lewat pengakuan tentang kanker yang diidapnya. Ia mengatakan, saat ini tengah menjalani tahap awal preventative chemotherapy.

Kate kedapatan mengidap kanker usai menjalani operasi abdominal baru-baru ini. Hasil tes menunjukkan ada kanker di tubuhnya, namun tidak disebutkan jenis kanker apa yang dialaminya.

"Tim medis saya karenanya menyarankan bahwa saya perlu menjalani preventative chemotherapy," katanya dalam sebuah pesan video.

"Dan saat ini saya sedang ada di fase awal perawatan tersebut," lanjut Kate.

Sebenarnya apa itu preventative chemotherapy?

Dikutip dari Times, istilah preventative chemotherapy dapat merujuk ke berbagai macam obat untuk berbagai jenis kanker.

"Bukan istilah medis, tapi saya pikir kita sepakat bahwa maksud dia adalah kemoterapi adjuvant," kata Dr Katherine Van Loon, profesor onkologi pencernaan di University of California, San Francisco.

Perawatan ini biasanya melibatkan obat kemoterapi yang sama dengan yang diterima pasien kanker aktif atau tahap lanjut. Kemoterapi adjuvant menurutnya digunakan untuk membunuh sel-sel kanker mikroskopis yang masih tersisa, yang mungkin terlewatkan oleh dokter bedah.

Terapi ini juga ditujukan untuk menghancurkan sel-sel kanker yang lolos dan menyebar ke bagian tubuh lain. Di kedokteran, hal ini merupakan standar perawatan untuk mengurangi risiko berbagai jenis kanker kembali lagi.

"(Pemberian kemoterapi) 3-6 bulan setelah pembedahan dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker balik lagi," kata Dr Jeremy Jones, pakar hematologi dan onkologi dari Mayo Clinic.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Apa Itu Preventative Chemotherapy? Dijalani Kate Middleton Usai Didiagnosis Kanker"