Hagia Sophia

24 March 2024

Dokter Temukan Belut Hidup Sepajang 30 Cm di Perut Pasien

Belut hidup ditemukan dalam tubuh pasien di Vietnam. (Foto: Laman Resmi Pusat Medis Distrik Hai Ha, Vietnam)

Sebuah temuan mengejutkan tim dokter di Vietnam menemukan seekor belut hidup sepanjang 30 cm di dalam perut seorang pria. Belut tersebut diduga kuat masuk melalui anus hingga ke dalam perutnya.

Pria yang tidak disebutkan namanya itu (34) itu berasal dari Quang Nihn Utara, Vietnam. Dikutip dari Daily Mail, ia dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami kram perut yang parah setelah mengeluhkan rasa sakit.

Media lokal mengabarkan bahwa pasien akhirnya menjalani pemeriksaan x-ray dan USG. Hasil dari pemeriksaan tersebut menemukan ada benda asing yang tersembunyi di dalam perutnya.

Kondisi tersebut membuatnya mengalami perforasi usus dan peritonitis, komplikasi yang mengancam jiwa ketika jaringan yang melapisi abdomen menjadi bengkak. Pasien akhirnya harus masuk ke ruang operasi untuk mengeluarkan benda misterius tersebut.

Ketika dokter bedah membuka perut pasien tersebut, mereka tercengang dengan apa yang ditemukan. Ternyata benda misterius yang ada di dalam perut orang tersebut adalah belut. Tim medis lantas mengeluarkan hewan berlendir tersebut menggunakan penjepit.

Para ahli kemudian dengan hati-hati mengangkat jaringan nekrotik dari ususnya.

"Ini adalah kasus yang jarang terjadi, rektum adalah tempat dengan banyak kotoran dan rentan terhadap infeksi. Namun operasinya dilakukan dengan aman," ucap dokter Pham Manh Hung menjelaskan.

Operasi yang kompleks di distrik Hai Ha ini berjalan tanpa hambatan. Kini kondisi pria tersebut sudah stabil dan bisa kembali menjalani aktivitas kesehariannya.

Ketika ditanya tim medis, pasien tidak bisa menjawab bagaimana belut itu masuk ke dalam perutnya. Namun, petugas medis yakin benda asing tersebut masuk ke ususnya melalui anusnya. Hal yang paling mengejutkan para dokter adalah belut tersebut masih hidup saat mereka mengeluarkannya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Merinding, Dokter Bedah di Vietnam Temukan Belut Hidup 30 Cm di Perut Pasien"