Hagia Sophia

16 March 2024

Pakar: Kebiasaan Sepele yang Bisa Memicu Gagal Ginjal

Ilustrasi pasien gagal ginjal. (Foto: iStock)

Penyakit gagal ginjal kronis merupakan kondisi kesehatan yang berbahaya dan dapat membuat pasiennya harus melakukan cuci darah seumur hidup. Oleh karena itu, masyarakat harus mengetahui berbagai pemicu penyakit gagal ginjal kronis.

Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) dr Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH menuturkan bahwa terdapat beberapa kebiasaan 'sepele' yang bisa menyebabkan masalah ginjal. Pemicu pertama dari masalah gagal ginjal adalah kebiasaan malas gerak alias 'mager' atau sedentary life.

Menurut dr Pringgodigdo kebiasaan mager dan kurang beraktivitas fisik menjadi salah satu pencetus banyak faktor risiko gagal ginjal, seperti diabetes hingga hipertensi.

"Misal ke toko dekat rumah saja pakai kendaraan ya, jadi kurangnya aktivitas fisik itu bisa mengganggu fungsi ginjal," ucap dr Pringgodigdo dalam konferensi pers Kemenkes, Kamis (14/3/2024).

"Selain itu juga merokok, minum obat-obatan tanpa anjuran resep dokter. Jadi minumnya obat bebas sembarangan, itu juga perlu menjadi perhatian," sambungnya.

Selain beberapa hal di atas, dr Pringgodigdo juga menyoroti kebiasaan ngemil masyarakat Indonesia. Banyak warga yang suka mengonsumsi camilan asin di waktu senggang.

Jika kebiasaan ini terus dipertahankan apalagi sudah terbentuk semenjak kecil, bukan tak mungkin kondisi ini dapat menyebabkan masalah hipertensi yang berakhir gagal ginjal kronis di masa depan.

"Ngemil makanan asin jelas mengandung garam yang tinggi. Garam itu meningkatkan hipertensi, kalau tidak terkendali itu risikonya (gagal ginjal) meningkat jadi harus dikurangi ya," katanya.

Ia menuturkan penting untuk masyarakat menerapkan pola hidup sehat semenjak dini. Masalah-masalah kesehatan seperti gagal ginjal dapat dicegah dengan pola hidup sehat, nutrisi yang baik, dan meningkatkan aktivitas fisik.

"Diet seimbang banyak buah sayur sedikit lemak, lalu rendah garam. Aktivitas fisik harus ditingkatkan, stop merokok dan alkohol itu harus," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Ungkap Kebiasaan Sepele yang Tak Disadari Picu Gagal Ginjal"