Hagia Sophia

06 January 2023

Inikah yang Membuat Pelatih Vietnam Marah-marah Saat Jumpa Pers?

Park Hang-seo (kiri) (Foto: Muhammad Robbani/detikSport)

Drama Korea terjadi sebelum semifinal Leg 1 Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia Vs Vietnam. Pelatih Vietnam Park Hang-seo marah-marah saat jumpa pers.

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023), pukul 16.30 WIB. Seperti biasa, kedua tim digelar kegiatan jumpa pers terlebih dahulu sehari sebelum laga, atau pada, Kamis (5/1).

Vietnam selaku tim tamu berkesempatan memberikan keterangan pers terlebih dahulu sebelum Timnas Indonesia. Tim tamu diwakili Pelatih Park Hang-seo, sementara pemainnya adalah Pham Tuan Hai.

Tensi panas menjelang kedua tim sudah terjadi dalam sesi jumpa pers ini, Park Hang-seo marah-marah di hadapan wartawan. Sebelum itu, pelatih asal Korea tersebut datang terlambat lima menit dari jadwal yang seharusnya digelar pukul 13.00 WIB.

Saat selesai memberikan keterangan, Park Hang-seo menunjuk-nunjuk ke arah kiri ruang jumpa pers di SUGBK. Di arah itu ada dua orang Korea dan satu orang Indonesia.

Tidak diketahui apa yang dibicarakan Park Hang-seo dalam momen itu karena perbincangan dilakukan dalam Bahasa Korea. Media Officer yang bertugas dalam kesempatan ini kemudian menjelaskan situasi, lalu jumpa pers dilanjutkan lagi.

Lalu satu orang wartawan Vietnam mengajukan pertanyaan ke Park Hang-seo. Tak panjang jawaban yang diberikan sang pelatih, Park Hang-seo bersama pemainnya langsung meninggalkan ruangan karena tak ada yang bertanya lagi.

Usut punya usut, kemarahan Park Hang-seo dalam jumpa pers itu karena ada empat orang Korea yang diketahui juga merupakan wartawan. Masalahnya ia tak senang wartawan Korea ini mengenakan jersey Timnas Indonesia berwarna hitam dan abu-abu.

Dijelaskan Diana Petriana, yang kenal dekat dengan orang-orang Korea di jumpa pers itu pun menjelaskan situasi. Diana kebetulan bisa Berbahasa Korea dan menjelaskan kalau Park Hang-seo tak suka orang-orang Korea itu mengenakan jersey Timnas Indonesia.

"Mereka saling kenal (Park Hang-seo dan wartawan Korea). Hari ini mereka memakai jersey Timnas Indonesia dan mengira mereka adalah mata-mata. Park Hang-seo tak senang," kata Diana setelah sesi jumpa pers di luar SUGBK.

"Selain itu, Park juga tak senang dengan jadwal pertandingan berlangsung sore bukan malam hari. Park mengatakan, 'bagaimana Indonesia mau menjadi tuan rumah internasional kalau untuk keamanan saja tidak bisa menjamin'," ujarnya menambahkan.

Diduga ucapan Park itu mengaku ke insiden penyerangan ke bus Thailand yang dilakukan oknum suporter Timnas Indonesia. Eks pemain Lucky Goldstar (sekarang FC Seoul) itu memang sudah melancarkan sindiran soal insiden itu.

Kemudian para wartawan Korea ini memberikan penjelasan ke Shin tae-yong yang akan gantian maju di depan ruang pers. Shin terlihat tertawa saat mendengar penjelasan itu.

"Kalau begitu kita habisi saja besok," kata Diana mengulang ucapan Shin setelah mendengar penjelasan dari para wartawan Korea.
























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Drama Park Hang-seo Marah-marah Saat Jumpa Pers"