Hagia Sophia

06 January 2023

Terkait Alasan Masker Tak Wajib Lagi, Ini Kata Menkes

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membeberkan alasan pemerintah pada akhirnya tidak memaksa masyarakat bermasker. Pilihan menggunakan masker diserahkan kembali ke keinginan masing-masing orang.

Meski begitu, dirinya tetap menganjurkan pemakaian masker di tempat berisiko COVID-19 misalnya kerumunan. "Masyarakat tahu kan kalau kena COVID-19 harus dites pakai PCR dan antigen, kalau nggak mau kena COVID-19 ya protokol kesehatannya mesti pakai masker dan rajin cuci tangan," tutur Menkes dalam konferensi pers Kamis (5/1/2023).

"Protokol kesehatan seperti ini, ini tidak akan baik kalau selalu dipaksa oleh pemerintah," jelas dia.

Sebaliknya, kesadaran masyarakat dalam melakukan pencegahan dengan inisiatif sendiri, menunjukkan pemahaman publik sudah baik. Serupa seperti kasus influenza hingga demam berdarah dengue (DBD). Mayoritas warga melakukan pencegahan awal tanpa paksaan pemerintah.

"Yang baik, yang bagus, yang sukses adalah masyarakat sudah sadar kalau mereka harus melakukan itu sendiri, sama seperti influenza, kalau mau hujan, kita keluar masa nggak pake payung, kita melakukan pencegahan kan agar tidak terkena flu. Terus misalnya demam berdarah, kalau ada genangan-genangan air, ada genangan nyamuk ya bisa dibersihkan, tanpa dikasih tau oleh pemerintah," sambung Menkes Budi.

Kemenkes RI disebutnya ke depan akan berfokus pada sosialisasi pencegahan untuk menekan penanganan kesehatan yang semula banyak di bagian kuratif atau terapi dan penanganan. Dengan begitu, Menkes menyebut dana atau anggaran yang dikeluarkan untuk kesehatan bisa ditekan jauh lebih rendah, lantaran pembelian obat otomatis lebih mahal ketimbang membeli vitamin dan menerapkan gaya hidup sehat.

"Maka itu pendidikan dalam proses promosi itu akan kita dorong, cuma tidak dalam bentuk iklan, tetapi kita akan masukkan ke dalam sosial, aktivitas, media, akan lebih efektif sehingga tidak usah terus menerus dipaksa oleh pemerintah," pungkas dia.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes Ungkap Alasan Tak Wajibkan Warga RI Pakai Masker"