Hagia Sophia

06 January 2023

Penyebab Kaki Kram dan Kesemutan serta Cara Atasinya

Foto: Shutterstock

Kaki kram adalah kondisi ketika otot kaki memendek, sehingga menyebabkan rasa sakit tiba-tiba yang membuat sulit bergerak. Kram paling sering terjadi pada otot betis, bagian kaki, atau paha.

Kondisi kram juga suka disamakan dengan kaki kesemutan (paresthesia). Kaki kram dan kesemutan ini akan sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas kita.

Biasanya kaki kram yang terjadi secara singkat. Jika kaki kram berlangsung beberapa detik hingga 10 menitan saja, itu tidak berbahaya.

Di sisi lain, seringnya kaki kram dan kesemutan ini juga bisa menjadi salah satu tanda kondisi kesehatan tertentu lho. Ketahui penyebab kaki sering kram dan kesemutan, lengkap dengan cara mengatasinya di bawah ini.

Penyebab Kaki Kram

Dikutip dari laman National Health Service (NHS) dan Healthline, beberapa penyebab kaki kram adalah:

Dehidrasi
Penyebab kaki kram adalah dehidrasi. Di mana tubuh kurang mendapatkan cukup cairan.

Obat-obatan Tertentu
Kaki kram juga disebabkan oleh obat-obatan tertentu. Misalnya, akibat konsumsi obat tekanan darah tinggi (diuretik), obat penurun kolesterol (statin), atau obat asma (albuterol).

Otot yang Tegang
Penyebab kaki kram selanjutnya yaitu karena adanya ketegangan otot. Ketegangan pada otot bisa bisa terjadi selama berolahraga misalnya.

Kehamilan
Kehamilan dan kondisi medis tertentu juga menjadi penyebab yang juga bisa meningkatkan risiko kaki kram. Apabila saat kamu sedang hamil dan mengalami kram kaki yang parah, segeralah untuk temui dokter.

Kaki Tertekuk
Apakah detikers pernah mengalami kram kaki saat tidur? Penyebab kaki kram saat tidur yaitu karena kaki berada pada posisi sedikit tertekuk dan posisi kaki yang mengarah ke bawah.

Penyebab Kaki Kesemutan

Berdiri/Duduk Terlalu Lama
Penyebab kesemutan adalah karena berdiri atau duduk dalam satu posisi terlalu lama. Duduk posisi bersila juga menjadi penyebab kesemutan pada kaki. Pasalnya, posisi tersebut membuat tekanan pada saraf.

Saraf yang Terjepit
Kesemutan disebabkan oleh saraf terjepit, di mana akar saraf bisa meradang atau teriritasi ketika cakram tulang menjepit atau menekan saraf. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah radikulopati

Sakit Saraf
Penyebab kaki kesemutan lainnya yaitu karena sakit saraf atau disebut neuropati. Sakit saraf ini terjadi bisa akibat dari pukulan, paparan zat beracun, pengaruh obat-obatan tertentu, atau cedera pada kaki.

Gigitan Serangga dan Binatang
Kemungkinan penyebab kesemutan pada kaki juga akibat gigitan serangga atau binatang. Misalnya, ketika kamu sedang berada di air, jalur gunung, atau halaman belakang rumah.

Serangga seperti lebah, semu, nyamuk, kalajengking, juga bisa menggigit atau menyengat kaki sehingga menimbulkan efek kesemutan.

Kondisi Kesehatan Penyebab Sering Kesemutan

Beberapa kondisi medis juga menyebabkan kondisi kesemutan atau mati rasa. Adapun kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan sering kesemutan, antara lain:
  1. Migrain
  2. Diabetes
  3. Pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis)
  4. Mini stroke (dikenal juga serangan iskemik transien)
  5. Gangguan saraf pada tulang belakang, otak, serta mata (sklerosis ganda)
  6. Fenomena Raynaud (kelainan yang menyebabkan penurunan aliran darah ke jari tangan dan kaki)
  7. Kerusakan saraf (neuropati).
Cara Mengatasi Kram Pada Kaki

Dikutip dari situs Medical News Today, The American Academy of Orthopaedic Surgeons (AAOS) menyarankan beberapa cara mengatasi kram pada kaki, yakni:
  1. Berhenti melakukan aktivitas yang menyebabkan kaki kram
  2. Gunakan kompres dingin pada otot lunak pada bagian kaki yang kram
  3. Pijat kaki dan regangkan otot
  4. Memegang kaki sambil diregangkan hingga kram berhenti.
Selain itu, beberapa orang juga menggunakan suplemen dengan kandungan magnesium untuk mengurangi dan mengatasi kram otot kaki.

Namun, untuk wanita kondisi dengan hamil, belum ada bukti yang cukup yang menunjukan penggunaan suplemen tersebut bisa untuk mengatasi kram pada kaki.

Cara Mudah Mengatasi Kaki Kesemutan
  1. Hindari berdiri dan duduk dengan satu posisi terlalu lama
  2. Lakukan gerakan untuk meredakan sensasi kesemutan
  3. Tidak menyilangkan kaki terlalu lama
  4. Goyang-goyangkan kaki dan jari kaki.
Latihan peregangan pada otot kaki dan betis yang teratur bisa membantu untuk mengurangi risiko kram. Jika tidak ada penyebab yang mendasari kram atau kesemutan pada kaki, kram mungkin akan membaik dan hilang tanpa pengobatan.

Sebenarnya, ada beberapa alasan kaki kram dan kesemutan yang tidak diketahui secara jelas. Namun, jika kram kaki sering terjadi dengan rasa sakit yang parah, periksalah ke dokter untuk mencari tahu penyebab kaki kram yang kamu alami.

Nah, itu tadi penjelasan terkait penyebab kaki sering kram dan kesemutan. Semoga bermanfaat!























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Penyebab Kaki Kram dan Kesemutan serta Cara Menanganinya"