Hagia Sophia

30 January 2023

Jus Enak yang Bisa Memperlambat Proses Penuaan

Ilustrasi. Jus delima, salah satu jus yang dapat memperlambat proses penuaan. (iStockphoto/Thapanon Phoonchai)

Sehat dan terlihat awet muda tak selalu harus mahal. Beberapa minuman seperti jus juga dapat membantu memperlambat proses penuaan.

Ada beberapa jus untuk mencegah penuaan dini. Deret jus ini bisa Anda jadikan menu harian.

Penting untuk diketahui, Anda perlu mengonsumsi jus yang terbuat dari jus segar tanpa bahan tambahan lainnya. Hindari mengonsumsi jus kemasan yang banyak tersedia di pasaran karena tingginya kadar gula di dalamnya.

Anda bisa mengonsumsi jus alami untuk menunda proses penuaan. Jus alami mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan mineral khusus untuk proses penuaan yang lebih sehat.

Jus untuk memperlambat penuaan

Menukil Eat This Not That, berikut beberapa jus buah yang dapat memperlambat proses penuaan.

1. Jus delima
Buah delima kaya dengan antioksidan, seperti polifenol, yang dapat membantu mengurangi peradangan, melawan kanker, dan menurunkan tekanan darah. Selain manfaat tersebut, buah delima juga diketahui memiliki efek unik pada sel-sel penuaan tubuh.

Setelah usia 50 tahun, sel-sel tubuh mulai kesulitan mendaur ulang mitokondria, yang berdampak langsung pada kekuatan otot. Jika proses daur ulang terhambat, mitokondria dapat menumpuk dan meningkatkan risiko Parkinson.

Kabar baiknya, buah delima mengandung molekul yang diubah mikrobioma usus menjadi sesuatu yang disebut urolithin A, senyawa yang dapat membantu menjaga proses mitokondria tetap sehat.

2. Jus wortel

Ilustrasi. Jus wortel, salah satu jus untuk memperlambat proses penuaan. (couleur/Pixabay)

Jus selanjutnya yang dapat mencegah penuaan dini adalah jus wortel. Kandungan antioksidan dapat meningkatkan kesehatan seseorang seiring bertambahnya usia.

Sebut saja lutein yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan otak. Ada juga beta karoten yang dapat mencegah kerusakan sel yang dialami tubuh melalui metabolisme. Hal ini sangat membantu memperlambat proses penuaan.

Tak cuma itu, banyak makan atau minum jus wortel juga bisa mencegah kerutan, jerawat, kulit kering, menyamarkan noda hitam, dan warna kulit tidak merata.

3. Jus bit
Jus bit adalah minuman yang sangat kuat untuk membantu memperlambat proses penuaan. Sebuah studi dari Redox Biology menemukan bahwa mereka yang minum jus bit memiliki tingkat yang lebih menonjol dari bakteri tertentu yang membantu kesehatan kognitif dan pembuluh darah, daripada peserta yang meminum minuman plasebo.

4. Jus jeruk bali merah
Jeruk bali mengandung karotenoid likopen yang kaya akan khasiat kesehatan. Senyawa ini telah ditemukan dapat memperbaiki penampilan kulit.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food Science & Nutrition menemukan bahwa likopen memiliki efek 'peremajaan' pada kulit peserta paruh baya dalam penelitian.

5. Jus rumput gandum
Wheatgrass atau rumput gandum ternyata bisa diolah menjadi jus yang nikmat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat kesehatan dan sifat anti-penuaan yang dimiliki sangat sepadan dengan rasa jus rumput gandum yang nikmat.

Rumput gandum mengandung vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Ketiganya dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit penuaan.






















Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "5 Jus Enak yang Dapat Memperlambat Proses Penuaan"